Strategi Pemasaran Melalui Kualitas Makanan dan Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Katering di Kota Gresik
Main Author: | Indarwati, TiasAndarini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159888/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apakah yang dominan dari kualitas makanan (dengan indikator citarasa, menu, presentasi, kesegaran, temperature) dan kualitas layanan (dengan indikator yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy ) yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan pengguna jasa katering. Selain itu untuk mengetahui bahwa dengan membaiknya variabel kualitas makanan dan layanan secara langsung atau tidak langsung dapat meningkatkan loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh variabel kepuasan pelanggan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bahwa untuk mendapatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan jasa katering di kota Gresik dapat menggunakan strategi pemasaran melalui kualitas makanan dan layanan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling . Objek penelitian adalah pengguna jasa katering golongan A2 di Kota Gresik. Metode Analisis yang digunakan adalah Analisis Faktor Konfirmatori dan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan indikator temperatur makanan memiliki nilai faktor tertinggi dari kualitas makanan sedangkan kualitas layanan nilai faktor tertinggi ditunjukkan oleh indikator jaminan. Nilai faktor tertinggi untuk Kepuasan pelanggan dimiliki oleh indikator kualitas layanan sesuai dengan harapan pelanggan dan Loyalitas pelanggan memiliki nilai faktor tertinggi pada konsistensi menggunakan jasa katering kembali. Kualitas makanan baik langsung maupun tidak langsung berpengaruh tidak signifikan pada loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Kualitas Layanan langsung maupun tidak langsung berpengaruh signifikan pada loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan.