Analisis Kepuasan Pasien sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Citra Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru

Main Author: Diskhamarzaweny
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159875/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris mengenai: 1) Apakah kualitas pelayanan kesehatan berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pasien. 2) Apakah kepuasan pasien berpengaruh secara langsung terhadap citra rumah sakit. 3) Apakah kualitas pelayanan kesehatan berpengaruh secara langsung terhadap citra rumah sakit. 4) Apakah kualitas pelayanan kesehatan berpengaruh secara tidak langsung terhadap citra rumah sakit melalui kepuasan pasien sebagai variabel mediasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi literatur pemasaran jasa terutama di bidang jasa pelayanan kesehatan serta bermanfaat bagi para akademisi dan praktisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap yang sedang menjalani perawatan di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru pada saat pengambilan data/wawancara dilakukan di bulan Juli 2011, dengan kriteria/karakteristik sebagai berikut : a) Pasien rawat inap minimal sudah menjalani perawatan selama 2 hari. b) Pasien dalam keadaan sadar dan dapat berkomunikasi dengan baik. c) Pasien bukan anak-anak. d) Pasien bukan pegawai rumah sakit atau keluarganya. Dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 100 pasien, yang diambil dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling dengan rincian : 14 orang pasien kelas VIP, 11 orang pasien kelas I, 23 orang pasien kelas II, dan 52 orang pasien kelas III. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Analisis Jalur ( Path Analysis ). Kualitas pelayanan kesehatan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan 5 dimensi: Reliability (Keandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati), dan Tangibles (Bukti Fisik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan kesehatan berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pasien. 2) Kepuasan pasien berpengaruh secara langsung terhadap citra rumah sakit. 3) Kualitas pelayanan kesehatan berpengaruh secara langsung terhadap citra rumah sakit. 4) Kualitas pelayanan kesehatan berpengaruh secara tidak langsung terhadap citra rumah sakit melalui kepuasan pasien sebagai variabel mediasi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa kepuasan pasien merupakan variabel mediator yang memediasi pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap citra RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.