Peran Keunggulan Bersaing sebagai Mediasi Pengaruh Inovasi dan Orientasi Pasar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada PT. Holcim Beton Surabaya)
Main Author: | Bakti, JunidaPutraAnanta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159873/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan bisnis di era globalisasi yang menuntut pelaku usaha harus lebih jeli memahami berbagai permasalahan seputar kegiatan pemasaran, terutama memperoleh keunggulan konsumen guna menciptakan kepuasan pelanggan. Perusahaan harus mampu melakukan inovasi dan orientasi pasar yang menghasilkan keunggulan bersaing yang baik, sehingga mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Penelitian dilakukan di perusahaan manufaktur sebagai obyek penelitian dikarenakan persaingan dunia usaha manufaktur sangat ketat. Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menjelaskan secara empiris mengenai 1) pengaruh inovasi terhadap keunggulan bersaing, 2) pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, 3) pengaruh inovasi terhadap kepuasan pelanggan, 4) pengaruh orientasi pasar terhadap kepuasan pelanggan, 5) pengaruh inovasi dan orientasi pasar terhadap kepuasan pelanggan dengan keunggulan bersaing sebagai mediasi. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Responden yang dipilih adalah pelanggan yang pernah menggunakan produk beton dari PT. Holcim Beton Surabaya minimal dua kali. Dalam hal ini peneliti mengambil sampel sebanyak 143 responden. Hipotesis penelitian diuji menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi dan orientasi pasar berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan keunggulan bersaing dapat memediasi inovasi dan orientasi pasar terhadap kepuasan pelanggan. Dengan begitu, hasil ini menunjukkan bahwa suatu produk yang diciptakan secara inovatif dan sesuai dengan kebutuhan konsumen maka akan secara langsung menciptakan kepuasan konsumen, serta akan mampu semakin meningkatkan kepuasan jika produk tersebut memiliki keunggulan bersaing atau dianggap lebih unggul di bandingkan perusahaan lain.