Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dengan Menggunakan Servqual (Studi Kasus pada Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak)

Main Author: Azmal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159872/
Daftar Isi:
  • Pengembangan pendidikan tinggi dimasa depan perlu dilakukan reorientasi agar mampu menghadapi sejumlah tantangan besar yang bersumber dari tuntutan internal maupun eksternal. Dalam pengembangan pendidikan tinggi ke depan akan diarahkan pada peningkatan daya saing bangsa ( nation`s competitiveness ). Daya saing tersebut semakin tidak bergantung lagi pada kekayaan sumber daya alam dan tenaga kerja yang murah, akan tetapi semakin bergantung pada pengetahuan yang dimiliki dan dikuasai oleh suatu bangsa. Untuk melaksanakan tuntutan tersebut pada era globalisasi sekarang ini setiap perguruan tinggi dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas para lulusan seoptimal mungkin. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas lulusan adalah dengan memberikan layanan kepada mahasiswa. Kondisi nyata yang dihadapi oleh Jurusan Teknik Mesin saat ini di dalam memberikan layanan kepada mahasiswa terutama pada staf pengajar dan teknisi belum optimal. Untuk mengetahui hal tersebut diperlukan suatu kajian mengenai kualitas layanan yang diterima mahasiswa di Jurusan Teknik Mesin. Untuk melihat pengaruh kualitas layanan dapat dilakukan dengan menggunakan Metode Servqual (Service Quality) . Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh variabel bukti fisik (tangible), empati (empathy), daya tanggap (responssiveness), reliabilitas (reliability), dan jaminan (assurance) terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil-hasil penelitian yang didapat yaitu variabel tangible tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, variabel Emphaty terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, untuk variabel Responsiveness tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, untuk variabel Reliability terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, untuk variabel Assurance terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Untuk keseluruhan uji Variabel Reliability memiliki pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi variabel kepuasan mahasiswa dibandingkan variabel-variabel lainnya.