Manajemen Pelayanan Prima dalam Penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) pada Satuan Lalu Lintas Polrestabes Surabaya
Main Author: | Aziz, MAsrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159871/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kondisi obyektif tentang masalah manajemen pelayanan prima dalam penerbitan SIM pada Satuan Lalu Lintas Polrestabes Surabaya yang selama ini sering dikeluhkan oleh masyarakat. Untuk mencapai tujuan penelitianpenulismenggunakan metode analisa deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif dalam pengumpulan data. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwamanajemen pelayanan prima dalam penerbitan SIM pada Satuan Lalintas Polrestabes Surabaya, telah dilakukan dengan baik. Yang penulis temukan ada dua jenis kendala, yakni kendala internal dan eksternal. Kendala yang bersifat internal adalah sikap dan penampilan petugas, sedangkan kendala yang bersifat eksternal kecenderungan masyarakat untuk mendapatkan layanan cepat dan instant dengan menyuap petugas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat digarisbawahi bahwa penting kiranya setiap organisasi publik termasuk Polri untuk senantiasa melakukan manajemen pelayanan publiknya ke arah pelayanan publik yang prima dan semakin berkualitas sebagaimana harapan masyarakat. Dengan menerapkan fungsi-fungsi manajamen, dengan tepat dan sesuai kebutuhan perkembangan lingkungan, mulai dari fungsi perencanaan ( planning ) hingga fungsi pengawasan( controlling ).