Pengaruh Kompetensi Personal dan Kompetensi Sosial Karyawan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi pada PT. Bank OCBC NISP Malang)

Main Author: Natasha, Amelia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159862/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menganalisis pengaruh kompetensi personal dan kompetensi sosial karyawan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan nasabah prioritas Bank OCBC NISP Malang yang aktif menggunakan jasa perbankan baik jasa funding maupun lending . Data dianalisis dengan menggunakan path analysis . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kompetensi Sosial memiliki pengaruh langsung paling kuat terhadap Loyalitas Nasabah. Kompetensi personal dan kepuasan nasabah juga memberi peranan terhadap Loyalitas Nasabah namun tidak sekuat pengaruh dari Kompetensi Sosial. Ini menunjukkan bahwa kepuasan nasabah atas pelayanan kurang kuat pengaruhnya untuk menaikkan Loyalitas Pelanggan. Karena justru unsur Kompetensi Sosial yang paling berpengaruh, dengan adanya Kompatensi Sosial yang kuat dan berkelanjutan, seseorang memiliki rasa empati dan melakukan dengan tulus atas semua pelayanan yang dilakukan.