Implementasi Strategi Green Marketing melalui Pendekatan Marketing MIX, Demografi dan Pengetahuan terhadap Pilihan Konsumen (Studi The Body Shop Pontianak)

Main Author: Syahbandi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159860/
Daftar Isi:
  • Bauran pemasaran, demografi dan pengetahuan dalam konteks green marketing sebagai tolak tukur Penilaian konsumen untuk memilih produk kosmetik yang memperhatikan aspek lingkungan. Secara empiris dievaluasi bagaimana pilihan konsumen yang dipengaruhi oleh hubungan antara variabel untuk produk kosmetik environmentally-marketed , yaitu pada produk kosmetik Body Shop . Penelitian ini menggunakan pendekatan kausalitas atau kausal-komparatif dengan pengujian terhadap hipotesis. Dalam penelitian ini dilakukan secara multivariat dengan menggunakan regresi logistik. Variabel dalam penelitian ini adalah harga, produk, tempat, promosi, umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pendapatan dan pengetahuan. Metode pengumpulan data primer dilakukan menggunakan metode survei yaitu dengan menggunakan kuesioner yang dibagi dalam dua bagian yaitu, bagian pertama merupakan pernyataan identitas responden meliputi nama pelanggan, pekerjaan, kota domisili dan identitas pembelian Body Shop . Bagian kedua pernyataan dari semua variabel dengan menggunakan pertanyaan tertutup dan skala simatik (likert). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf kesalahan 5%, variabel bebas yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pilihan konsumen adalah variabel produk, tempat, promosi, pengetahuan dan untuk variabel umur signifikan pada taraf kesalahan 10%, sedangkan harga, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pendapatan tidak signifikan berpengaruh terhadap pilihan konsumen.