Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan IM3 melalui Motivasi Konsumen di Kota Malang

Main Author: Permanasari, KartikaIndah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159855/
Daftar Isi:
  • Dalam persaingan yang ketat perusahaan saat ini berusaha semaksimal mungkin untuk menjaring dan mempertahankan konsumen. Pada saat pengambilan keputusan, konsumen harus dapat menerjemahkan informasi yang relevan di lingkungan sekitar terutama dari penjual. Hal ini erat kaitannya dengan strategi perusahaan dalam melayani konsumen baik dari segi jasmani maupun rohani. setiap perusahaan harus memiliki strategi komunikasi pemasaran yang merupakan kombinasi khusus antara iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung IM3 merupakan kartu GSM yang digemari kaum muda saat ini,sinyal yang lemah membuat kaum muda tetap loyal menggunakan Im3 karena fasilitas produk yang menarik dari harga hemat dan banyak bonus lainnya. Dengan strategi komunikasi pemasaran tersebut, Indosat berharap dapat menghadapi persaingan dengan perusahaan telekomunikasi lainnya yang dewasa ini semakin menjamur dan berharap juga para pelanggan akan menjadi loyal dalam menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan dari perusahaan telekomunikasi tersebut. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran sebagai variabel bebas, motivasi sebagai variabel intervening dan keputusan konsumen sebagai variabel terikatAnalisis yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif dan analisis Path.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna IM3 dan sampel yang digunakan adalah 100 responden. Hasil studi dalam penelitian ini secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap motivasi dan keputusan pembelian IM3. Kesimpulan tersebut dapat dinyatakan lebih rinci sebagai berikut Hasil menunjukan berarti semakin baik komunikasi pemasaran yang dirasakan konsumen semakin tinggi motivasi konsumen dalam keputusan pembelian kartu seluler IM3. Guna meningkatkan motivasi konsumen maka perusahaan harus meningkatkan promosi penjualan berupa tariff yang terjangkau. Motivasi berpangaruh terhadap keputusan konsumen. Hasil ini menujukan ini berarti semakin tinggi motivasi yang dirasakan konsumen terbukti dapat meningkatkan keputusan konsumen dalam pembelian kartu seluler IM3. Guna meningkatkan keputusan konsumen maka perlu adanya peningkatan motivasi konsumen. Komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen maka perusahaan harus meningkatkan periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan penjualan personal produk. Terutama pada tarif harga seluler yang mudah dijangkau oleh konsumen Penerapan komunikasi pemasaran yang dilakukan perusahaan akan berdampak positif pada keputusan pembelian konsumen melalui motivasi konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa komunikasi Pemasaran berpengaruh terhadap keputusan konsumen melalui motivasi konsumen. Ini berarti semakin tinggi motivasi konsumen berdasarkan komunikasi pemasaran yang di terapkan perusahaan maka akan semakin meningkat pula keputusan pembelian konsumen.