Green Marketing dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Membeli Produk Organik (Studi pada Pelanggan Produk Organik di Kota Manado)

Main Author: Manongko, AllenACh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159853/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis secara teoritis dan empiris: pengaruh green marketing terhadap minat membeli; pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian; pengaruh minat membeli terhadap terbentuknya keputusan pembelian; dan green marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui minat membeli produk organik. Penelitian ini adalah penelitian penjelasan ( explanatory research) , yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan/konsumen yang membeli produk organik pada swalayan atau pasar modern di Kota Manado. Dengan sampel penelitian berjumlah 120 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan analisis data penelitian menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: green marketing berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap minat membeli; green marketing tidak berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian; minat membeli berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian; green marketing berpengaruh secara tidak langsung dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan minat membeli sebagai variabel interviening .