Pengaruh Citra Toko, Variasi Kualitas, Product Signatureness terhadap Kualitas yang Dipersepsikan dan Minat Pembelian Produk Private Label Brands (Survai pada Konsumen “Inspired 27 Store” Kota Malang)

Main Author: Wijayanti, RenaFeri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159847/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah adanya pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia yang masih menunjukkan potensi pertumbuhan yang menjanjikan. Kota Malang menjadi salah satu wilayah yang memberikan peluang dalam bisnis ritel. Secara khusus bisnis ritel yang menunjukkan kemajuan positif yaitu perkembangan ritel fashion . Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis dan menjelaskan pengaruh citra toko, variasi kualitas, product signtureness terhadap kualitas yang dipersepsikan; (2) menganalisis dan menjelaskan pengaruh citra toko, variasi kualitas, product signtureness terhadap minat pembelian; (3) menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas yang dipersepsikan terhadap minat pembelian. Metode penelitian yang digunakan dalam adalah metode survai dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif. Teknik penelitian data dengan kuesioner dengan lokasi penelitian di “ Inspired 27 Store” Kota Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data inferensial dengan Partial Least Square (PLS). Hasil temuan menunjukkan bahwa citra toko, variasi kualitas dan product signatureness pada sebuah toko ritel memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas yang dipersepsikan. Selanjutnya dari hasil penelitian ini diketahui bahwa citra toko, variasi kualitas dan product signatureness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Sedangkan kualitas yang dipersepsikan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhdap minat pembelian. Penelitian ini menguatkan hasil temuan dalam penelitian sebelumnya namun juga ada yang melemahkan hasil temuan penelitian sebelumnya. Hasil penelitian ini menjadi bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya dengan melakukan pengembangan model penelitian yang telah ada. Bagi pihak manajemen toko retail store dapat menjadi masukan bahwa variabel dalam penelitian dapat digunakan sebagai referensi guna meningkatkan kinerja dan juga dapat meningkatkan kualitas sebuah retail store .