Pengaruh Marketing Mix dan Bandwagon Effect terhadap Brand Equity dan Voting Intention

Main Author: Puspitasari, AyuFebri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159840/
Daftar Isi:
  • Kegiatan marketing merupakan suatu keharusan untuk keberlanjutan dan eksistensi organisasi agar tetap survive dan di terima oleh masyarakat. Mengikuti perkembangan zaman, marketing tidak hanya digunakan oleh perusahaan yang mengejar laba, namun sudah banyak digunakan oleh institusi nirlaba seperti LSM, lembaga pendidikan, museum, rumah sakit, tak terkecuali adalah dunia politik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Lokasi Penelitian ini adalah Provinsi Jawa Timur. Penentuan lokasi ini didasarkan atas pertimbangan bahwa Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan penduduk terbanyak kedua dan merupakan salah satu barometer pemilihan di Indonesia. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh penduduk di Jawa Timur yang mempunyai hak pilih (yang berumur 17 tahun ke atas atau sudah menikah) dan sudah masuk kedalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014. Berdasarkan ketetapan KPU, jumlah pemilih tetap di Provinsi Jawa Timur sebesar 30.545.935 orang Ukuran sampel penelitian ini menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh jumlah minimal 124 orang. Penelitian ini dibagi dalam 16 klaster, dimana masing-masing klaster diambil 8 orang, sehingga sampel di bulatkan menjadi 128 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multistage Random Sampling (MRS). Hasil penelitian ini adalah 1) Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap Brand Equity kandidat, 2)Bandwagon Effect berpengaruh signifikan terhadap Brand Equity kandidat, 3) Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap Voting Intention kandidat, 4) Bandwagon Effect Berpengaruh Tidak Signifikan terhadap Voting Intention, 5) Brand Equity Berpengaruh Signifikan terhadap Voting Intention.