Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Dipertimbangkan Petani dalam Keputusan Pembelian Benih Jagung Hibrida Merek Dekalb (Studi pada Petani Jagung Hibrida di Lahan Sawah Kabupaten Kediri/Nganju

Main Author: Djulkarnain, Wildi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159828/
Daftar Isi:
  • Benih jagung hibrida merupakan bahan baku penting dalam budidaya jagung hibrida. Pemilihan benih jagung hibrida yang unggul sangat menentukan keberhasilan panen jagung dan pendapatan petani. Perusahaan penghasil benih perlu mengetahui bauran pemasaran apa saja yang dipertimbangkan petani dalam memilih benih jagung hibrida. Hal ini penting untuk bisa menentukan strategi pemasaran benih unggul yang disukai petani. Tujuan penelitian ini adalah, pertama, untuk menganalisa signifikansi faktor produk, harga, tempat dan promosi dalam bauran pemasaran yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian benih jagung hibrida, kedua, untuk menganalisa faktor dominan yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian benih jagung hibrida dan ketiga, u ntuk mengevaluasi perbandingan tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran antara segmen petani sawah dan segmen petani tegalan pada industri benih jagung hibrida. Metodologi yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan metode survey melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Responden pada penelitian ini adalah petani jagung hibrida yang menggunakan benih jagung hibrida di Provinsi Jawa Timur. Penelitian dilakukan di Kediri-Nganjuk yang merupakan segmen pasar lahan sawah dan Tuban-Lamongan yang merupakan segmen pasar lahan tegalan. Responden dipilih menggunakan metode purposive dengan jumlah sampel 361 responden. Analisa penelitian menggunakan Analisis Faktor Konfirmatori untuk mengetahui variabel-variabel yang relevan, analisa regresi berganda untuk mengetahui signifikansi faktor-faktor produk, harga, promosi dan distribusi dan pengaruh faktor yang dominan dalam bauran pemasaran, dan yang terakhir menggunakan analisis varian untuk mengevaluasi perbandingan tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran antara segmen petani sawah dan segmen petani tegalan Penelitian menunjukkan bahwa faktor produk, harga, promosi dan distribusi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian benih jagung hibrida. Secara parsial, faktor produk, promosi dan distribusi masing-masing berpengaruh signifikan, kecuali faktor harga tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Diantara keempat bauran pemasaran, produk merupakan faktor yang dominan terhadap keputusan pembelian. Penelitian juga menunjukkan bahwa petani lahan sawah dan petani lahan tegalan tidak menunjukkan perbedaan tanggapan terhadap bauran pemasaran secara keseluruhan.