Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen untuk Memilih KPR Bank "X" (Studi pada PT. Bank "X" Kantor Cabang Blitar)

Main Author: Dhani, Azhar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159827/
Daftar Isi:
  • Kebutuhan masyarakat memiliki rumah membuat berbagai Institusi pembiayaan khususnya Perbankan untuk menarik konsumen dalam Kredit Pemilikan Rumah. Keputusan konsumen dalam hal ini dipengaruhi oleh Variabel Bauran Pemasaran yang terdiri dari: Produk, Harga, Tempat/lokasi pelayanan, Promosi, Orang, Sarana fisik dan Proses. Penelitian ini menganalisa pengaruh Bauran Pemasaran terhadap keputusan konsumen untuk memilih KPR Bank X pada PT. Bank X Kantor Cabang Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel produk, harga, tempat/lokasi pelayanan, promosi, orang, sarana fisik dan proses terhadap keputusan konsumen untuk memilih KPR Bank X sebagai kredit kepemilikan rumah dan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk memilih KPR Bank X sebagai kredit kepemilikan rumah. Pendekatan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif yang didukung survey, bersifat eksplanatori, dimana seluruh variabel diukur dengan skala likert. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS Versi 15.0. Uji F, Uji t, dan R2 dmaksud untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap independen dengan derajat keyakinan 95% atau α = 0,05. Hasil pengujian secara uji simultan terdapat pengaruh signifikan antara variabel produk, harga, tempat/lokasi pelayanan, promosi, orang, sarana fisik dan proses terhadap keputusan konsumen dalam memilih KPR Bank X. Sedangkan pada uji parsial terdapat pengaruh signifikan dari variabel produk, harga, orang, sarana fisik dan proses terhadap keputusan konsumen dalam memilih KPR Bank X. Variabel yang paling dominan berpengaruh adalah produk (beta 0.088). Koefisien determinasi R Square menunjukkan nilai sebesar 0.653 atau 65.3%. Artinya bahwa variabel keputusan konsumen dipengaruhi sebesar 65.3% oleh produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana fisik dan proses.