Pengaruh Reference Groups terhadap Customer Satisfaction melalui Purchase Decision dan Fashion Interest dalam Pembelian Handbag Imitasi (Studi pada Mahasiswi di Kota Malang)
Main Author: | Cindia, Ike |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159826/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh reference groups terhadap purchase decision dan fashion interest, kemudian pengaruh purchase decision dan fashion interest terhadap customer satisfaction, dan pengaruh reference groups terhadap customer satisfaction melalui purchase decision dan fashion interest . Penelitian pada handbag menjadi sangat menarik karena handbag imitasi sedang marak dan banyak dipakai di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswi di Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode pengumpulan data yang disebut purposive sampling . Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 115 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Selain itu, untuk menguji hipotesis kelima dilakukan uji Sobel untuk menguji hubungan variabel intervening yang ada di dalam hipotesis tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reference groups berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision dan fashion interest. Kemudian purchase decision dan fashion interest berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Selanjutnya reference groups berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction melalui purchase decision dan fashion interest .