Analisis Variabel yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Asuransi Jiwa B-Life Plan Multipro pada Bancassurance PT. BNI Life Insurance di BNI Cabang Malang

Main Author: Kurniawan, Prasetyo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159811/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel bauran pemasaran jasa, variabel individu dan variabel lingkungan terhadap keputusan pembelian produk asuransi jiwa B-Life Plan Multipro. Secara teoritis, penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu manajemen khususnya manajemen pemasaran khususnya dalam hal variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian asuransi sehingga perusahaan dapat bertahan dan berkembang dalam persaingan bisnis. Secara praktis, penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan kajian bagi BNI dan BNI Life dalam menetapkan strategi pemasaran yang tepat bagi penjualan B-Life Plan Multipro. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif dan bersifat Explanatory Research , yaitu untuk melihat pengaruh antar variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Populasinya adalah seluruh pemegang polis B-Life Plan Multipro di Malang raya yang berjumlah 148 nasabah. Dengan rumus Slovin, maka dapat diambil sampel sebanyak 60 orang dengan cara pengambilan simple random sampling . Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Serta sebelumnya diawali dengan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran jasa, variabel individu dan variabel lingkungan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk asuransi jiwa B-Life Plan Multipro. Sedangkan secara parsial, variabel bauran pemasaran jasa, variabel individu dan variabel lingkungan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk asuransi jiwa B-Life Plan Multipro. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk B-Life Plan Multipro adalah variabel bauran pemasaran jasa.