Formulasi Strategi Entrepreneur Muslim dengan Pendekatan Religious Capital (Studi Kasus pada Entrepreneur Batu Mulia/Permata di Kota Martapura Kalimantan Selatan)

Main Author: Khaliq, Restu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159757/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana seorang entrepreneur muslim memformulasikan strategi usahanya dengan memasukkan unsur-unsur syariat Islam. Religiuos Capital adalah sebuah bangunan konsep teori modal yang mengandung unsur-unsur religius agama Islam. Teori ini menjadi salah satu komponen yang dimasukkan dalam proses formulasi strategi entrepreneur muslim. Penelitian ini mengambil informan salah seorang entrepreneur muslim batu mulia/permata di kota Martapura karena di daerah tersebut sangat kental nuansa Islami dalam kehidupan sehari-hari. Metode Penelitian. Berhubungan erat dengan makna, nilai, dan pengertian serta melibatkan data empiris studi kasus untuk menggambarkan penerapan formulasi strategi entrepreneur muslim dengan pendekatan religious capital , maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode: observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa pengembangan dimensi materi pada religious capital dimaksudkan untuk beribadah kepada Allah, karena pada hakikatnya materi adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Temuan selanjutnya mengungkapkan bahwa formulasi strategi dengan pendekatan religious capital adalah alat untuk introspeksi diri seorang entrepreneur muslim untuk menilai ketaatannya kepada Allah dalam berusaha agar tidak keluar dari koridor syariat. Dimensi non-materi dalam religious capital adalah unsur-unsur yang dijadikan landasan dalam introspeksi ini. Keseluruhan formulasi stategi ini memberikan gambaran etika seorang muslim dalam berbisnis. Penelitian ini merekomendasikan untuk mengoptimalkan penggunaan sarana tempat ibadah seperti masjid untuk ibadah, menambah ilmu agama, dan bekerja sama dengan lembaga pengelola zakat serta melakukan penetrasi pasar untuk mengembangkan materi entrepreneur muslim batu mulia/permata di kota Martapura.