Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar BEI)

Main Author: Putri, AyuKemala
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159684/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan menguji ukuran perusahaan dan jumlah dewan komisaris sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia untuk tahun 2012 yang berjumlah 131 perusahaan. Penentuan sampel digunakan dengan metode purposive sampling dengen pendekatan Judgment Sampling dengan jumlah sampel yang diamati sebanyak 79 perusahaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan MRA ( moderated regression analysis ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perusahaan tidak dipengaruhi oleh Corporate social responsibility . Nilai perusahaan akan dipengaruhi oleh corporate social responsibility dengan dimoderasi oleh ukuran perusahaan dan jumlah dewan komisaris. Dalam mempraktikan Corporate Social Responsibility , perusahaan sebaiknya tidak hanya sekedar untuk kepentingan public relations, citra korporasi atau reputasi dan kepentingan perusahaan untuk mendongkrak nilai perusahaan di bursa saham tetapi perlu adanya keselarasan implementasi dari substansi kesejahteraan sosial dan pelestarian lingkungan sehingga dalam jangka panjang akan memberikan nilai bagi perusahaan. Selain itu, perlu menyeimbangkan antara jumlah dewan komisaris dan manajemen, hal ini dilakukan agar efektif menjalankan fungsinya dalam hal komunikasi, koordinasi serta pembuatan keputusan berkaitan dengan corporate social responsibility.