Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan

Main Author: Prakoso, RizkiYudi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159683/
Daftar Isi:
  • Akuntansi sosial dengan konsep triple bottom lines telah mengubah paradigma perusahaan dalam merespon kepentingan stakeholder . Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian dari strategi perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidup usaha dan meningkatkan nilai perusahaan telah menjadi perhatian penting bagi pihak stakeholder . Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, profitabilitas, profile perusahaan, proporsi jumlah komisaris independen, dan leverage ) terhadap luas pengungkapan CSR dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian merupakan 51 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010 dan didapatkan dengan metode judgment sampling . Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, dan profile perusahaan berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR dan nilai perusahaan. Hasil analisis jalur juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung dari ukuran perusahaan, profitabilitas, dan profile perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui luas pengungkapan CSR.