Pengaruh Persepsi Karyawan tentang Aktivitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Komitmen Organisasional dengan Kepercayaan Organisasional sebagai Variabel Mediasi (Studi kasus pada PT Bank Cent

Main Author: Halim, Lidia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159676/
Daftar Isi:
  • Sebagai lembaga publik, perusahaan perbankan turut andil dalam menjalin hubungan dengan masyarakat dikarenakan bank tidak hanya melaksanakan tugasnya dalam bidang perbankan, namun wajib memberikan bukti kepedulian terhadap pemangku kepentingan (stakeholder) yang secara langsung berhubungan dengan aktivitas operasional perusahaan. Karyawan merupakan salah satu stakeholder yang memiliki kewenangan dan kekuatan signifikan yang dapat mempengaruhi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi karyawan tentang aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan terhadap komitmen organisasional dengan dimediasi oleh kepercayaan organisasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Bank Central Asia Kantor Cabang Utama Borobudur, Malang. Sedangkan teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh atau biasa disebut dengan sensus. Analisis dilakukan dengan menggunakan software WarpPLS 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi karyawan tentang aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh terhadap komitmen organisasional di mana dimensi persepsi etis tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh terbesar, namun kepercayaan organisasional memiliki pengaruh terbesar dalam memediasi pengaruh persepsi karyawan tentang aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan terhadap komitmen organisasional.