Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Purchase Intention Rokok
Main Author: | Bakti, DanangKuncoro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159672/ |
Daftar Isi:
- Penerapan regulasi mengenai pengendalian produk tembakau menjadi stimulus bagi perusahaan rokok untuk merancang strategi marketing yang berbeda dari sebelumnya, yaitu strategi pemasaran yang tidak mengandalkan iklan dan bentuk promosi konvensional lainnya. Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk dari strategi societal marketing yang berarti tugas perusahaan adalah untuk menentukan kebutuhan, keinginan, dan kebutuhan pasar sehingga memberikan kepuasan yang lebih secara efektif dan efisien dibandingkan pesaingnya, dengan cara meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pemediasian corporate image (variabel intervening) dari sebuah perusahaan rokok besar di Indonesia pada hubungan CSR (variabel independen) dan purchase intention (variabel dependen) para konsumennya. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif dengan objek penelitian salah satu perusahaan rokok besar di Indonesia. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen loyal dari perusahaan tersebut. Penentuan sampel dengan metode nonprobability sampling dengan jumlah sampel 105 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistika deskriptif, kemudian dilanjutkan dengan analisis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perhitungan melalui program SmartPLS versi 2.0. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pada dimensi sosial CSR memberikan pengaruh paling besar dalam pembelian rokok oleh konsumen dibandingkan dimensi CSR yang lain. Dimensi performance memberikan pengaruh paling tinggi dalam penilaian corporate image oleh konsumen. Meskipun corporate image memberikan pengaruh dalam penentuan pembelian rokok, namun pengaruhnya adalah mediasi dan pengaruh tidak lebih besar dibandingkan pengaruh CSR.