Analisis Pengaruh Green Product Innovation Terhadap Firm Performance Dengan Managerial Environmental Concern Dan Green Communication Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Ritel Modern Di Wilayah Malan
Main Author: | Ayuningrat, MelisaPurnamasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159670/ |
Daftar Isi:
- Keberlanjutan lingkungan menjadi isu yang menarik di negara berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan perhatian pada permasalahan lingkungan menjadi peluang bagi perusahaan dalam mengembangkan produk baru, salah satunya melalui green product innovation (Chiou, Chan, Lettice dan Chung, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green product innovation terhadap firm performance dengan dimoderasi oleh managerial environmental concern dan green communication. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 ritel baik kategori hypermarket dan supermarket di wilayah Malang Raya yang menjual produk organik dan menggunakan kemasan ramah lingkungan, dengan menggunakan sampling jenuh dan analisis SEM-PLS. Berdasarkan hasil analisis statistik, green product innovation berpengaruh langsung terhadap firm performance. Di samping itu, managerial environmental concern dan green communication memoderasi pengaruh green product innovation terhadap firm performance.