Pengaruh Pembelajaran Organisasi terhadap Manajemen Pengetahuan, Kapabilitas Organisasi dan Kinerja Organisasi (Studi pada Universitas Brawijaya Malang)

Main Author: Wahyuningsih, Andilala
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159649/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Organisasi ( Organizational Learning ) adalah ujung tombak bagi kesuksesan strategi organisasi. Organisasi yang melakukan pembelajaran organisasi adalah organisasi yang memiliki keahlian dalam menciptakan, mengambil, dan mentransfer pengetahuan dan memodifikasi perilakunya untuk merefleksikan pengetahuan dan pengalaman barunya. Organisasi-organisasi yang sukses, adalah organisasi yang secara konsisten menciptakan pengetahuan baru dan menyebarkannya secara menyeluruh di dalam organisasinya, dan secara cepat mengadaptasinya ke dalam teknologi dan produk serta layanan mereka. Melihat perannya yang begitu penting bagi suatu organisasi, maka semua pengetahuan yang dimiliki oleh suatu organisasi harus dikelola dengan baik, sehingga pengetahuan tersebut dapat berperan optimal untuk meningkatkan kinerja organisasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan: 1) Pengaruh langsung Pembelajaran Organisasi terhadap Manajemen Pengetahuan, 2) Pengaruh langsung Manajemen Pengetahuan terhadap Kapabilitas Organisasi, 3) Pengaruh langsung Pembelajaran Organisasi terhadap Kapabilitas Organisasi, 4) Pengaruh langsung Kapabilitas Organisasi terhadap Kinerja Organisasi, 5) Pengaruh langsung Pembelajaran Organisasi terhadap Kinerja Organisasi, 6) Pengaruh langsung Manajemen Pengetahuan terhadap Kinerja Organisasi, 7) Pengaruh tidak langsung Manajemen Pengetahuan terhadap Kinerja Organisasi, 8) Pengaruh tidak langsung Pembelajaran Organisasi terhadap Kapabilitas Organisasi, 9) Pengaruh tidak langsung Pembelajaran Organisasi terhadap Kinerja Organisasi. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode penelitian analisis jalur dan deskriptik statistik. Penelitian ini dilakukan di Universitas Brawijaya Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Organisasi berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap Kapabilitas Organisasi melalui Manajemen Pengetahuan, dan berpengaruh secara langsung terhadap Kinerja Organisasi, serta berpengaruh tidak langsung terhadap Kinerja Organisasi melalui Manajemen Pengetahuan dan Kapabilitas Organisasi. Manajemen Pengetahuan tidak berpengaruh langsung terhadap Kinerja Organisasi, tetapi berpengaruh tidak langsung melalui Kapabilitas Organisasi. Kapabilitas Organisasi berpengaruh secara langsung terhadap Kinerja Organisasi.