Rancangan Balanced Scorecard Pada Organisasi Nirlaba (Studi Pada Yayasan Pembinaan Dan Kesembuhan Bathin Malang)
Main Author: | Syalom |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159627/ |
Daftar Isi:
- Yayasan Pembinaan dan Kesembuhan Bathin merupakan organisasi nirlaba yang bergerak di bidang sosial dan keagamaan Sebagai suatu yayasan yang berhadapan langsung dengan masyarakat sangat perlu untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja strateginya. Pengukuran kinerja berfungsi untuk menjaga keberlangsungan kegiatan sosialnya dengan mengoptimalkan penggunaan segala sumberdaya yang dimilikinya dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Untuk mengetahui sejauh mana kinerja yayasan selama ini, maka dilakukan pengukuran kinerja dengan menggunakan Balanced Scorecard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sasaran strategis pada Yayasan Pembinaan dan Kesembuhan Bathin dari keempat perspektif Balanced Scorecard adalah: (1) pertumbuhan donasi, (2) efektifitas penggunaan anggaran, (3) kepuasan pelanggan, (4) tingkat komplain pelanggan, (5) citra dan reputasi yayasan, (6) mutu pelayanan yayasan, (7) inovasi dalam pelayanan, (8) kemampuan dan keahlian karyawan, (9) kepuasan karyawan, (10) retensi karyawan. Berdasarkan hasil pembobotan perspektif pelanggan memperoleh pembobotan paling tinggi dan perspektif keuangan memperoleh pembobotan paling rendah. Hal ini menunjukkan bahwa yayasan sesuai dengan visi dan misinya memberikan tingkat kepentingan lebih tinggi terhadap pelayanan kepada masyarakat dibandingkan peningkatan pertumbuhan donasi. Keterbatasan pada penelitian ini adalah Yayasan Pembinaan dan Kesembuhan Bathin merupakan organisasi nirlaba yang bergerak dibidang sosial dan keagamaan sehingga perlu untuk dilakukan penelitian mengenai Balanced Scorecard pada organisasi nirlaba di bidang sosial lainnya.