Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance terhadap Pengungkapan Informasi melalui Website dan Implikasinya terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Publik di Bursa Efek Indone

Main Author: Asmoro, PriandhitaSukowidyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159558/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan dan corporate governance terhadap luas pengungkapan informasi melalui website perusahaan ( Internet Corporate Reporting ). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh luas pengungkapan Internet Corporate Reporting terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2009 dengan jumlah sampel sebesar 225 perusahaan. Penentuan sampel dilakukan secara nonrandom ( nonprobability sampling ) dengan metode purposive sampling . Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data antar ruang ( cross sectional data ) karena penelitian ini hanya menggunakan periode pengamatan satu tahun, yaitu tahun 2009. Pengujian dan penganalisisan data dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahap dengan menggunakan Regresi Linear. Tahap pertama menggunakan analisis Regresi Berganda ( Multiple Regression Analysis ) untuk menguji hipotesis kesatu hingga hipotesis kesepuluh, yaitu menguji pengaruh karakteristik perusahaan dan corporate governance terhadap luas pengungkapan Internet Corporate Reporting . Tahap kedua menggunakan analisis Regresi Sederhana ( simple Regression Analysis ) untuk menguji hipotesis kesebelas, yaitu menguji pengaruh luas pengungkapan Internet Corporate Reporting terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variasi luas pengungkapan informasi melalui website oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia dipengaruhi beberapa faktor, yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, reputasi auditor, konsentrasi industri, dan ukuran dewan komisaris. Sementara itu, umur perusahaan, jenis industri, dewan komisaris independen, dan ukuran komite audit tidak terbukti berpengaruh terhadap luas pengungkapan internet corporate reporting . Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa luas pengungkapan internet corporate reporting berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan meskipun pengaruh luas pengungkapan terhadap nilai perusahaan relatif kecil.