Analisis Pengaruh serta Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan Terkait dengan Komunikasi, Lingkungan, dan Kepuasan Kerja (Studi Kasus pada PT. PG. Rajawali 1 Unit PG. Krebet Baru Bululawang Malang)

Main Author: Noor, Mariam
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159486/
Daftar Isi:
  • Kinerja karyawan merupakan salah satu bagian dari kinerja perusahaan. Kinerja karyawan yang prima secara langsung akan meningkatkan kinerja perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas. Karena karyawan merupakan aset yang berharga bagi perusahaan, maka dalam meningkatkan kemampuan karyawan, perusahaan harus memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh karyawan seperti menciptakan komunikasi yang harmonis baik komunikasi secara lisan, tertulis maupun menggunakan media teknologi, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, agar karyawan termotivasi dan merasa terpuaskan dalam bekerja supaya meningkat kinerjanya dan perusahaan akan meningkat pula kinerjanya, bila ada kerjasama dan hubungan baik antara perusahaan dan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi dan lingkungan terhadap kepuasan kerja, menganalisis pengaruh komunikasi, lingkungan, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja, dan pengaruh komunikasi dan lingkungan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 234 karyawan. Teknik analisis yang digunakan yaitu structural equation modeling (SEM). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa ada komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, sedangkan lingkungan tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Komunikasi dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja merupakan intervening pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan, yang bermakna bahwa kinerja karyawan akan lebih baik jika didukung komunikasi dalam perusahaan mampu memberikan kepuasan kerja bagi karyawan. Kepuasan kerja bukan sebagai intervening pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan.