Implikasi Akuisisi PT. Bentoel International Investama Tbk oleh British American Tobacco terhadap Volume Penjualan, Pangsa Pasar, dan Ukuran Distribusi Produk

Main Author: Purwitasari, RrRiza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159421/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menganalisis tentang tujuan dan proses implementasi akuisisi yang terjadi di PT. Bentoel International Investama Tbk serta menganalisis implikasi akuisisi dari sisi pemasaran yaitu volume penjualan, pangsa pasar, dan ukuran distribusi. Teknik kualitatif Fenomenologi digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan proposisi utama. Temuan penelitian ini antara lain: tujuan strategis dari proses akuisisi PT. Bentoel adalah untuk melakukan ekspansi pasar serta market penetration , masa transisi berjalan lamban karena adanya penyesuaian budaya organisasi, tidak ada perubahan main business process . Selanjutnya, berdasarkan data internal PT. Bentoel diketahui bahwa terdapat peningkatan volume penjualan, pangsa pasar dan distribusi pasca akuisisi. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya perubahan sistem dan kebijakan kegiatan penjualan, distribusi, dan promosi, peningkatan kompetensi serta gaya manajemen yang lebih transparan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kunci sukses dari proses akuisisi adalah penetapan tujuan strategis yang jelas dari awal, proses implementasi yang mengutamakan keterbukaan antar manajemen dengan level fungsional, serta pengembangan dan inovasi yang terkait dengan sistem penjualan, pendistribusian dan kegiatan promosi.