Perencanaan Pengembangan Produk Unggulan Daerah Berbasis Klaster (Studi Pada Sentra Industri Kecil Dan Menengah Kota Malang)
Main Author: | Sandriana, Niskha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159322/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi produk unggulan berbasis klaster di Kota Malang dan memilih prioritas strategi untuk mengembangkan sentra produk unggulan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kombinasi (mixed methods). Metode kuantitatif digunakan untuk menentukan kriteria-kriteria produk unggulan daerah Kota Malang dengan metode Cochran Q test, menentukan produk unggulan daerah berbasis klaster di Kota Malang dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), dan menentukan prioritas strategi pengembangan sentra unggulan dengan metode analisis SWOT. Metode kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap pengembangan sentra IKM unggulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria yang digunakan untuk menentukan produk unggulan kota Malang adalah (1) produk unik/khas/trade mark daerah; (2) sumbangan terhadap perekonomian daerah; (3) pasar; (4) kondisi input (ketersediaan infrastruktur, sdm, teknologi, modal); (5) kemitraan; (6) dukungan kebijakan dan kelembagaan; (7) dampak terhadap lingkungan; (8) tingkat daya saing. Identifikasi produk unggulan daerah berbasis klaster di Kota Malang dengan metode Analythical Hierarchy Process menunjukkan hasil bahwa produk unggulan Kota Malang adalah tempe dan keripik tempe dari sentra Sanan . Strategi yang dipilih untuk mengembangkan sentra tempe dan keripik tempe Sanan adalah strategi SO yaitu strategi menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang atau strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (Growth oriented Strategy).