Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal dan Konsekuensinya terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia)
Main Author: | Soesanto, EkoHari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/159248/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal perusahaan. Penelitian ini didasari dan dikembangkan dari penelitian Frank dan Goyal (2009). Berbeda dengan penelitian sebelumnya, penelitian dikembangkan dengan menambah pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan serta pengaruh variabel yang mempengaruhi struktur modal terhadap nilai perusahaan dimana struktur modal perusahaan berfungsi sebagai variabel intervening. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling method dan diperoleh sebanyak 108 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) salama tahun 2007 hingga 2009. Teknik analisis data penelitian menggunakan diagram jalur ( path diagram ). Hasil pengujian menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan aset berwujud berpengaruh negatif terhadap struktur modal. Kondisi leverage industri berpengaruh positif terhadap struktur modal perusahaan. Tingkat inflasi tidak berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan walaupun hasil pengujian menunjukkan positif dan tidak signifikan. Struktur modal perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, kondisi leverage industri dan asset berwujud berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui struktur modal sedangkan tingkat inflasi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui struktur modal karena menunjukkan hubungan yang tidak signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan manufaktur di Indonesia perilaku keputusan pendanaan berkecenderungan melakukan pecking order dalam memenuhi kebutuhan pendanaannya.