Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Jawa Timur Park 1 Kota Batu Menggunakan Metode Service Quality dan Six Sigma
Main Author: | Rachmawati, Astri Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1592/1/Rachmawati%2C%20Astri%20Nur.pdf http://repository.ub.ac.id/1592/ |
Daftar Isi:
- Jawa Timur Park 1 merupakan salah satu wahana rekreasi keluarga yang terletak di lereng bagian timur Gunung Panderman Kota Batu, sehingga Jawa Timur Park 1 menawarkan hawa yang sejuk dan panorama yang indah. Jumlah pengunjung Jawa Timur Park 1 dalam beberapa kurun waktu terakhir mengalami penurunan, sedangkan pengunjung daya tarik wisata Kota Batu sendiri mengalai peningkatan. Berdasarkan review melalui salah satu website yang dapat menampung komentar dari pengunjung didapatkan beberapa komentar pengunjung yang merasa kurang puas dengan pelayanan serta beberapa fasilitas di Jawa Timur Park 1. Untuk mempertahankan eksistensi dari Jawa Timur Park 1, maka perlu adanya usaha untuk mencapai kualitas terbaik. Sehingga perlu diketahui atribut yang menjadi prioritas di Jawa Timur Park 1 yang kemudian dapat diberikan rekomendasi perbaikan guna meningkatkan kualitas pelayanan Jawa Timur Park 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Service Quality dan Six Sigma. Metode Service Quality digunakan untuk mengetahui selisih antara persepsi dan harapan sehingga diperoleh nilai GAP dari masing-masing atribut dan dimensi kualitas. Sebelum dilakukan pengolahan GAP, data dari hasil kuesioner dilakukan pengujian validitas serta reliabilitas terlebih dahulu. Metode Service Quality serta pengujian data hasil kuesioner ini masuk kedalam salah satu tahapan dari metode six sigma, yaitu measure. Metode Six Sigma terdiri dari tahap DMAI (Define, Measure, Analyze, Improvement) digunakan untuk mengetahui nilai tingkat sigma dari masing – masing atribut. Nilai sigma yang diperoleh dibandingkan dengan harapan untuk mengetahui atribut mana saja yang menjadi prioritas. Berdasarkan analisis dengan menggunakan diagram kartesius, didapatkan atribut yang menjadi prioritas adalah atribut T7, L5, L6, L7, L8, L9, dan A4. Atribut yang merupakan prioritas tersebut dilakukan analisis dengan menggunakan fishbone diagram. Fishbone diagram bertujuan untuk mencari akar permsalahan dari masing-masing atribut yang menjadi prioritas sehingga dapat diberikan rekomendasi yang sesuai. Rekomendasi yang menjadi prioritas perbaikan adalah mengadakan training mengenai perbaikan wahana permainan maupun alat peraga dalam waktu yang singkat, melakukan sistem tender dengan supplier, serta melakukan sertifikasi pada guide Jawa Timur Park 1.