Pengaruh Atmosfer terhadap Kepuasan dan Niatan Perilaku Konsumen di Toko “Oen”, Kota Malang

Main Author: Hersanti, NovaJuwita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/159121/
Daftar Isi:
  • Pesatnya persaingan diantara restoran diperlukan strategi pemasaran agar mampu bersaing. Saat ini, restoran tidak hanya dikunjungi konsumen untuk mencari makanan ataupun minuman saja, tetapi konsumen mencari tempat makan yang menarik, tenang, dan santai. Atmosfer adalah penataan dan rancangan suasana ruang yang diciptakan untuk mempengaruhi emosional konsumen dan merangsang perilaku konsumen untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan memperkaya bukti empirik tentang pengaruh atmosfer terhadap kepuasan dan niatan perilaku konsumen di Toko Oen, Kota Malang. Sampel penelitian adalah konsumen Toko “Oen” yang berjumlah 100 orang, terdiri atas 50 orang konsumen lokal dan 50 orang konsumen mancanegara. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Analisa PLS (partial least square) digunakan untuk mengungkap hubungan antara atmosfer, kepuasan dan niatan perilaku. Hasil penelitian mengemukakan bahwa atmosfer berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan niatan perilaku konsumen keseluruhan, konsumen lokal, maupun konsumen mancanegara di Toko “Oen”. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap niatan perilaku pada konsumen keseluruhan dan konsumen mancanegara, tetapi tidak berpengaruh signifikan pada konsumen lokal di Toko “Oen”.