Manajemen Lalu Lintas Pada Kawasan Pasar Tanjung Kabupaten Jember
Main Author: | Adisatria, Wiwit |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/157405/ |
ctrlnum |
157405 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/157405/</relation><title>Manajemen Lalu Lintas Pada Kawasan Pasar Tanjung Kabupaten Jember</title><creator>Adisatria, Wiwit</creator><subject>388.4 Local transportation</subject><description> Kemacetan lalu lintas
merupakan masalah utama yang dihadapi oleh kota-kota besar di dunia, terutama
di negara-negara berkembang termasuk negara kita Indonesia. Dalam kasus kali
ini penulis mengambil sampel kota Jember yang telah mengalami kemajuan sangat
pesat. Sekarang ini kota Jember menjadi pusat tumpuan ekonomi Jawa Timur
bagaian timur. Keberadaan pasar di tengah kota seperti Pasar Tanjung
mempermudah akses menuju tempat tersebut. Pengembangan pasar yang semakin besar
mempunyai dampak kemacetan pada kawasan sekitarnya. Pasar Tanjung merupakan
pasar terbesar yang ada di daerah Kota Jember. Jalan Trunojoyo dan Jalan
Samanhudi merupakan ruas jalan raya yang berdekatan dengan pasar tersebut
sehingga edua jalan tersebut memiliki mobilitas tinggi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen lalu lintas yang sesuai pada
masa yang akan datang di wilayah sekitar Pasar Tanjung Kota Jember. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penilaian
dan analisis dengan menggunakan data primer yaitu quisoner yang diisi oleh
beberapa responden, sedangkan untuk data sekunder didapatkan melalui metode
studi pustaka yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan cara menelaah berbagai
buku dan artikel, jurnal serta laporan yang dapat dijadikan sebagai pedoman
untuk meletakkan landasan teoritis untuk memecahkan permasalahan yang terjadi
pada lokasi penelitian. Jumlah Surveyor dalam penelitian ini melibatkan 25
orang surveyor selama 12 jam. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa tundaan
rata-rata paling tinggi adalah 1035,27 detik per smp sehingga dapat dilihat
pada KM 14 tahun 2006 bahwa tundaan rata-rata sebesar tersebut masuk ke dalam
kelas F yaitu berkisar antara 60 detik per kendaraan. Akan tetapi dengan
adanya perubahan waktu sinyal sesuai dengan perhitungan teori, tundaan rata
rata pada simpang berubah. Dari nilai tundaan rata-rata sebesar 1035,27 menjadi
24,158 detik per smp sehingga dilihat pada KM 14 tahun 2006 bahwa kelas simpang
menjadi c antara 15,1- 25 detik per smp. Dari hasil prediksi dan peramalan 5
tahunan diketahui simpang tersebut merupakan simpang yang tidak layak untuk digunakan
lagi karena tundaan rata-rata tinggi yaitu 1906,403 detik per smp. Perbaikan
akibat masalah yang terjadi di daerah simpang Pasar Tanjung pada kondisi
eksisting lebih mengarah kepada perbaikan yang mendukung strategi agresif
seperti perbaikan lampu dan pembatasan moda kendaraan. Sedangkan untuk kondisi
5 tahun ke depan diperlukan perbaikan yang mendukung strategi defensif seperti
pengaturan ulan tata guna lahan dan pembuatan fly over. </description><date>2015-01-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Adisatria, Wiwit (2015) Manajemen Lalu Lintas Pada Kawasan Pasar Tanjung Kabupaten Jember. Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/388.413 1/ADI/m/2015/041501279</relation><recordID>157405</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Adisatria, Wiwit |
title |
Manajemen Lalu Lintas Pada Kawasan Pasar Tanjung Kabupaten Jember |
publishDate |
2015 |
topic |
388.4 Local transportation |
url |
http://repository.ub.ac.id/157405/ |
contents |
Kemacetan lalu lintas
merupakan masalah utama yang dihadapi oleh kota-kota besar di dunia, terutama
di negara-negara berkembang termasuk negara kita Indonesia. Dalam kasus kali
ini penulis mengambil sampel kota Jember yang telah mengalami kemajuan sangat
pesat. Sekarang ini kota Jember menjadi pusat tumpuan ekonomi Jawa Timur
bagaian timur. Keberadaan pasar di tengah kota seperti Pasar Tanjung
mempermudah akses menuju tempat tersebut. Pengembangan pasar yang semakin besar
mempunyai dampak kemacetan pada kawasan sekitarnya. Pasar Tanjung merupakan
pasar terbesar yang ada di daerah Kota Jember. Jalan Trunojoyo dan Jalan
Samanhudi merupakan ruas jalan raya yang berdekatan dengan pasar tersebut
sehingga edua jalan tersebut memiliki mobilitas tinggi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen lalu lintas yang sesuai pada
masa yang akan datang di wilayah sekitar Pasar Tanjung Kota Jember. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penilaian
dan analisis dengan menggunakan data primer yaitu quisoner yang diisi oleh
beberapa responden, sedangkan untuk data sekunder didapatkan melalui metode
studi pustaka yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan cara menelaah berbagai
buku dan artikel, jurnal serta laporan yang dapat dijadikan sebagai pedoman
untuk meletakkan landasan teoritis untuk memecahkan permasalahan yang terjadi
pada lokasi penelitian. Jumlah Surveyor dalam penelitian ini melibatkan 25
orang surveyor selama 12 jam. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa tundaan
rata-rata paling tinggi adalah 1035,27 detik per smp sehingga dapat dilihat
pada KM 14 tahun 2006 bahwa tundaan rata-rata sebesar tersebut masuk ke dalam
kelas F yaitu berkisar antara 60 detik per kendaraan. Akan tetapi dengan
adanya perubahan waktu sinyal sesuai dengan perhitungan teori, tundaan rata
rata pada simpang berubah. Dari nilai tundaan rata-rata sebesar 1035,27 menjadi
24,158 detik per smp sehingga dilihat pada KM 14 tahun 2006 bahwa kelas simpang
menjadi c antara 15,1- 25 detik per smp. Dari hasil prediksi dan peramalan 5
tahunan diketahui simpang tersebut merupakan simpang yang tidak layak untuk digunakan
lagi karena tundaan rata-rata tinggi yaitu 1906,403 detik per smp. Perbaikan
akibat masalah yang terjadi di daerah simpang Pasar Tanjung pada kondisi
eksisting lebih mengarah kepada perbaikan yang mendukung strategi agresif
seperti perbaikan lampu dan pembatasan moda kendaraan. Sedangkan untuk kondisi
5 tahun ke depan diperlukan perbaikan yang mendukung strategi defensif seperti
pengaturan ulan tata guna lahan dan pembuatan fly over. |
id |
IOS4666.157405 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T05:05:24Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:43:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454390434136064 |
score |
17.538404 |