Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan, Biaya Operasional Kendaraan, Dan Biaya Kemacetan Di Jalan Gatot Subroto Kota Malang
Main Author: | Permana, Satria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/157381/ |
ctrlnum |
157381 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/157381/</relation><title>Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan, Biaya Operasional Kendaraan, Dan Biaya Kemacetan Di Jalan Gatot Subroto Kota Malang</title><creator>Permana, Satria</creator><subject>388.1 Roads</subject><description> Hambatan
samping merupakan interaksi anatara arus lalu lintas dengan kegiatan disekitar
koridor jalan yang menyebabkan penurunan kapasitas dan kecepatan. Jalan Gatot
Subroto merupakan koridor dengan kegiatan perdagangan dan jasa, serta merupakan
jalan arteri yang dilalui oleh banyak kendaraan. Pada waktu puncak, terdapat
cukup banyak hambatan samping disekitar koridor Jalan Gatot Subroto Kota
Malang. Hambatan samping dapat menyebabkan penurunan kecepatan lalu lintas,
yang selanjutnya menimbulkan terjadinya kemacetan lalu lintas. Penurunan
kecepatan kendaraan akibat kemacetan berdampak pada peningkatan waktu dari
waktu tempuh yang seharusnya. Ketika terjadi kemacetan pada suatu lajur, maka
terjadi kerugian waktu tempuh yang dialami oleh para pengendara. Meningkatnya
biaya operasional kendaraan perkotaan akan berakibat pada peningkatan biaya
kemacetan yang berkaitan dengan nilai kegiatan masyarakat perkotaan. Oleh
karena itu, penelitian ini mengidentifikasi pengaruh hambatan samping terhadap
kinerja jalan, BOK dan biaya kemacetan di Jalan Gatot Subroto Kota Malang. Metode
penelitian ini adalah dengan melakukan analisis kinerja jalan, biaya
operasional kendaraan dan biaya kemacetan. Untuk mengetahui pengaruh antar
variabel digunakan analisis regresi linear berganda. Variabel bebas merupakan
hambatan samping, yang terdiri dari pejalan kaki yang melintas atau menyebrangi
badan jalan, angkutan kota yang berhenti menaik-turunkan penumpang, kendaraan
yang keluar-masuk guna lahan dan kendaraan parkir diluar badan jalan. Sedangkan
variabel terikat terdiri dari nilai VCR (Volume Capacity Ratio) , BOK
(Biaya Operasional Kendaraan) dan Biaya Kemacetan. Dari hasil analisis yang
dilakukan diketahui bahwa nilai VCR dipengaruhi oleh kendaraan keluar,
kendaraan masuk dan kendaraan lambat dengan model regresi Y = 0,244 + 0,003 X1 -
0,001 X2 + 0,001 X6. BOK dipengaruhi oleh pejalan kaki, dengan model regresi Y
= 33,242 + 2,209 X4. Biaya kemacetan dipengaruhi oleh kendaraan keluar,
kendaraan masuk dan parkir, dengan model regresi Y = 20,718 + 0,430 X1 + 0,300
X2 + 0,124 X3. Rekomendasi penanangan pada wilayah penelitian yaitu penertiban
kendaraan parkir pada badan jalan, penertiban parkir dan PKL pada pedestrian
way , perbaikan marka, penyediaan rambu, penerapan sanksi yang tegas serta
penyediaan petugas untuk menertibkan lalu lintas. 
</description><date>2015-07-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Permana, Satria (2015) Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan, Biaya Operasional Kendaraan, Dan Biaya Kemacetan Di Jalan Gatot Subroto Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/388.114/PER/P/2015/041505580</relation><recordID>157381</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Permana, Satria |
title |
Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan, Biaya Operasional Kendaraan, Dan Biaya Kemacetan Di Jalan Gatot Subroto Kota Malang |
publishDate |
2015 |
topic |
388.1 Roads |
url |
http://repository.ub.ac.id/157381/ |
contents |
Hambatan
samping merupakan interaksi anatara arus lalu lintas dengan kegiatan disekitar
koridor jalan yang menyebabkan penurunan kapasitas dan kecepatan. Jalan Gatot
Subroto merupakan koridor dengan kegiatan perdagangan dan jasa, serta merupakan
jalan arteri yang dilalui oleh banyak kendaraan. Pada waktu puncak, terdapat
cukup banyak hambatan samping disekitar koridor Jalan Gatot Subroto Kota
Malang. Hambatan samping dapat menyebabkan penurunan kecepatan lalu lintas,
yang selanjutnya menimbulkan terjadinya kemacetan lalu lintas. Penurunan
kecepatan kendaraan akibat kemacetan berdampak pada peningkatan waktu dari
waktu tempuh yang seharusnya. Ketika terjadi kemacetan pada suatu lajur, maka
terjadi kerugian waktu tempuh yang dialami oleh para pengendara. Meningkatnya
biaya operasional kendaraan perkotaan akan berakibat pada peningkatan biaya
kemacetan yang berkaitan dengan nilai kegiatan masyarakat perkotaan. Oleh
karena itu, penelitian ini mengidentifikasi pengaruh hambatan samping terhadap
kinerja jalan, BOK dan biaya kemacetan di Jalan Gatot Subroto Kota Malang. Metode
penelitian ini adalah dengan melakukan analisis kinerja jalan, biaya
operasional kendaraan dan biaya kemacetan. Untuk mengetahui pengaruh antar
variabel digunakan analisis regresi linear berganda. Variabel bebas merupakan
hambatan samping, yang terdiri dari pejalan kaki yang melintas atau menyebrangi
badan jalan, angkutan kota yang berhenti menaik-turunkan penumpang, kendaraan
yang keluar-masuk guna lahan dan kendaraan parkir diluar badan jalan. Sedangkan
variabel terikat terdiri dari nilai VCR (Volume Capacity Ratio) , BOK
(Biaya Operasional Kendaraan) dan Biaya Kemacetan. Dari hasil analisis yang
dilakukan diketahui bahwa nilai VCR dipengaruhi oleh kendaraan keluar,
kendaraan masuk dan kendaraan lambat dengan model regresi Y = 0,244 + 0,003 X1 -
0,001 X2 + 0,001 X6. BOK dipengaruhi oleh pejalan kaki, dengan model regresi Y
= 33,242 + 2,209 X4. Biaya kemacetan dipengaruhi oleh kendaraan keluar,
kendaraan masuk dan parkir, dengan model regresi Y = 20,718 + 0,430 X1 + 0,300
X2 + 0,124 X3. Rekomendasi penanangan pada wilayah penelitian yaitu penertiban
kendaraan parkir pada badan jalan, penertiban parkir dan PKL pada pedestrian
way , perbaikan marka, penyediaan rambu, penerapan sanksi yang tegas serta
penyediaan petugas untuk menertibkan lalu lintas.
|
id |
IOS4666.157381 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T05:05:24Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:43:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454390835740672 |
score |
17.538404 |