Kajian Kinerja Operasional dan Strategi Pengembangan Pelabuhan Umum Gresik
Main Author: | Triyono, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/157347/ |
Daftar Isi:
- Pada masa lalu, Pelabuhan Umum Gresik merupakan pelabuhan tradisional yang banyak disinggahi kapal - kapal pelayaran rakyat. Namun saat ini Pelabuhan Umum Gresik telah tumbuh menjadi Pelabuhan penyangga bagi Pelabuhan Tanjung Perak. Jumlah kunjungan kapal di Pelabuhan Umum Gresik meningkat secara signifikan. Hal ini tidak diikuti dengan pengembangan infrastruktur pelabuhan sehingga mengakibatkan antrian kapal untuk sandar didermaga. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk me n getahui kinerja operasional Pelabuhan umum Gresik dan s tr a tegi pengembangan nya guna mengurangi antrian sandar kapal didermaga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importan t Performance Analysis, analisa regresi liniear berganda dan SWOT IFAS EFAS. Importan t Performance Analysis digunakan untuk mengetahui kinerja operasional Pelabuhan Umum Gresik berdasarkan persepsi user. Sedangkan analisa regresi linear berganda digunakan untuk mendapatkan model dan peramalan data. Dan metode SWOT IFAS EFAS digunakan untuk me n dapatkan strategi pengembangan Pelabuhan Umum Gresik . Hasil penelitian menunjukan kinerja operasional Pelabuhan umum Gresik sesuai peraturan Dirjen Perhubungan Laut secara umum baik, hanya ada tiga indikator yang kurang baik yaitu waiting time, approach time dan produktivitas bongkar muat curah kering. Sedangkan menurut persepsi user indikator kinerja operasional pelabuhan yang mendapatkan prioritas utama perbaikan adalah waiting time pilot, waiting time ship, berthing time, pelayanan sandar kapal pelra, produktivitas bongkar muat general cargo, produktivitas bongkar muat bag cargo, produktivitas bongkar muat curah kering, Panjang/jumlah dermaga, Berthing Occupancy Ratio (BOR), kondisi fender, dan kedalaman kolam pelabuhan. Dari hasil pemodelan dengan regresi linear berganda dan peramalan data, didapatkan bahwa pada tahun 2024 jumlah kunjungan kapal Pelnas naik 64,17 %, jumlah kunjungan kapal Pelra turun 67,7 %, volume bongkar naik 80,03 %, volume muat naik 81,56 %, nilai BOR naik 80,41 % dan nilai YOR naik 26,57 %. Sedangkan dari analisa SWOT IFAS EFAS diperoleh strategi rencana pengembangan pelabuhan yang dapat diterapkan di Pelabuhan Umum Gresik adalah strategi agresif yaitu : memaksimalkan penggunaan lapangan penumpukan dan mengoperasikan kembali gudang untuk menan g gulangi kenaikan arus barang serta memaksimalkan kolam pelabuhan untuk lego jangkar kapal dan memaksimalkan waktu pelayanan pandu kapal guna mengantisipasi kenaikan kunjungan kapal.