Determinants of Retailer’s Profit at Gunungsari Ornamental Fish Market in East Java, Indonesia

Main Author: Abidin, Zainal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/157320/
Daftar Isi:
  • Studi yang dilakukan di Pasar Ikan Hias Gunungsari, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, bertujuan untuk menganalisa “faktor-faktor penentu keuntungan pedagang retail ikan hias”. Data cross section dikumpulkan dari 94 responden pedagang retail ikan hias dan dianalisis dengan teknik regresi berganda. Hasil studi menunjukkan bahwa faktor terkuat yang menentukan perolehan keuntungan pedagang retail ikan hias adalah keberanian menanggung resiko bisnis. Faktor-faktor penentu yang lain adalah memiliki hubungan dengan pedagang retail yang lain, memiliki dukungan emosional dari pasangannya (suami/isteri), pengalaman pedagang retail saat masa anak-anak dalam bisnis keluarga, jenis kelamin, pendidikan, waktu kerja untuk menjalankan bisnis, biaya total, dan pengalaman pemasaran ikan hias; sedangkan jumlah anggota keluarga dan umur berpengaruh negative pada profit. Jenis kelamin sebagian besar pedagang retail ikan hias di area studi adalah laki-laki. Rata-rata umur pedagang retail adalah 34 tahun, mengindikasikan bahwa sebagian besar dari mereka adalah masa muda yang berkeinginan mengambil resiko pada bisnis ikan hias. Keuntungan pedagang retail sangat ditentukan oleh keberaniannya mengambil resiko, sehingga pengambilan resiko menjadi faktor penentu terbesar dalam memperoleh keuntungan pedagang retail. Saran manajerial untuk pedagang retail: agar mereka menjadi pengambil resiko pada bisnis yang dilakukan; menjaga keharmonisan rumah tangganya agar tetap mendapatkan dukungan emosional dari pasangannya, menjaga dan mengembangkan hubungan baik dengan sesama pedagang retail untuk mendukung keberlanjutan bisnisnya; melibatkan anak-anak mereka ke dalam bisnis keluarga untuk mencetak generasi baru berwawasan entrepreneurship, dan menjaga keberlanjutan bisnis retail ikan hias untuk meningkatkan kualitas pengalaman dalam mengelola bisnis.