Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Berrybenka Terhadap Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)
Main Author: | Fatmala, Winda Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1573/ |
Daftar Isi:
- E-Commerce adalah penggunaan jaringan komunikasi dan computer untuk melaksanakan proses bisnis. Penggunaan e-commerce di Indonesia pun semakin berkembang pesat, dilihat dari semakin banyaknya situs jual-beli atau belanja online. Hal ini menjadikan perusahaan e-commerce berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik untuk dapat menarik pelanggan. Berrybenka merupakan salah satu perusahaan fashion e-commerce terbesar di Indonesia dan hingga saat ini Berrybenka terus berusaha memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya. Oleh sebab itu, diperlukan adanya analisis kualitas layanan website Berrybenka berdasarkkan sudut pandang pengguna apakah website sudah memuaskan atau belum. Analisis ini digunakan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan website berdasarkan 3 variabel webqual 4.0, yaitu: usability, information quality, dan service interaction. Data didapatkan dari penyebaran kuesioner, kemudian diolah menggunakan metode importance performance analysis (IPA) untuk mengetahui nilai dari persepsi dan keinginan pengguna terhadap website Berrybenka. Untuk efektifitas perbaikannya dilakukan rekomendasi prioritas perbaikan dari hasil analisis kuadran IPA. Didapatkan hasil analisis bahwa website Berrybenka masih kurang sesuai harapannya oleh pengguna, ditunjukkan dengan hasil kesesuaian sebesar 94,91% atau <100% dan rata-rata hasil analisis kesenjangan (Gap) -0,0901 atau <0. Prioritas perbaikan pada website Berrybenka terdapat pada indicator 11 yang merupakan indicator pada kuadran A.