Implementasi Kebijakan Standarisasi Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru (Studi pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Sula)
Main Author: | Umasugi, Mohbir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/157274/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan modal utama bagi suatu bangsa dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi bangsa Indonesia adalah terbitnya Undang-undang No. 20 Tahun 2003 sebagai penyempurnaan dari Undang-undang No. 20 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional, untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, maka pemerintah menetapkan standar nasional pendidikan yang tertuang dalam Peraturan Pendidikan (PP) no. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Sehingga untuk meningkatkan kualitas bagi guru-guru lahirlah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, bagi guru-guru yang belum memenuhi kualifikasi akademik dan kompetensi diwajibkan untuk melanjutkan Pendidikan Sarjana (S1/DIV), Peraturan Menteri Pendidikan Nasioanal ini di berlakukan di seluruh wilayah Republik Indonesia dengan deadline waktu sampai pada Tahun 2015, namun sampai pada tahun 2014 belum bisa memenuhi harapan dari pemerintah, karena masih banyak guru-guru yang belum S1/DIV. Penulisan tesis ini merupakan sebuah studi tentang Implementasi Kebijakan Standarisasi Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru dan didukung oleh Peraturan Bupati Kepulauan Sula Nomor : 09 Tahun 2008 tentang Tugas Pokok dan Fungsi dari Dinas Pendidikan Nasional. Oleh Karena itu tujuan dari penelitian ini diharapkan menghasilkan deskripsi tentang implementasi kebijakan standarisasi kualifikasi akademik dan kompetensi guru di Kabupaten Kepulauan Sula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman (2009) dengan model inter aktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijkan standarisasi kualifikasi akademik dan kompetensi guru di Kabupaten Kepulauan Sula telah dilaksanakan sesuai dengan aturan namun harus ada pengawasan dan peningkatan kualitas di beberapa bagian/bidang agar supaya hasil yang dicapai dapat terlaksana sesuia dengan harapan yang diinginkan. Ini disebabkan karena adanya beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan kebijakan standarisasi kualifikasi akademik dan kompetensi guru.