Pelaksanaan Program Love Jamsostek pada Pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) PT.Jamsostek dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Studi Pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang

Main Author: Budhiarto, DimasPrihardito
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/157266/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengangkat judul pelaksanaan program love Jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilaksanakan pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan Apa saja kah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknis pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisa secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang dalam pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan dari sistem dan prosedur dilakukan dengan sistem dan prosedur yang sederhana dan mudah dipahami peserta Jamsostek. Hal ini ditandai dengan implementasi Sistem dan prosedur pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang baik itu dalam pengajuan Klaim maupun dalam pembayaran santunan sudah sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari pusat dan dilakukan secara teliti, walaupun masih dijumpai adanya kendala-kendala yang menghambat kelancaran sistem dan prosedur dalam pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Faktor-faktor penghambat yang dihadapi adalah dari segi kualitas sumber daya aktor pemberi pelayanan pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang dan partisipasi tenaga kerja dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Disamping itu, berdasarkan hasil penelitian peneliti menemukan kendala lain diluar kendala-kendala tersebut, yaitu kendala permasalahan administrasi yang menghambat kelancaran proses implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Dalam penelitian ini penulis menyarankan bahwa pelayanan yang diberikan PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang dengan adanya program love jamsostek dalam pemberian pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) harus lebih baik lagi dan lebih profesional lagi dan kendala-kendala yang dihadapi harus diminimalisir agar terciptanya peningkatan kualitas pelayanan publik kearah yang lebih baik.