Kajian Audit Keselamatan Jalan Pada Sebelas Ruas Jalan Utama Di Wilayah Kabupaten Malang

Main Author: Ma`ruf, Annur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/157179/
ctrlnum 157179
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/157179/</relation><title>Kajian Audit Keselamatan Jalan Pada Sebelas Ruas Jalan Utama Di Wilayah Kabupaten Malang,</title><creator>Ma`ruf, Annur</creator><subject>363.1 Public safety programs</subject><description> &#xD; &#xD; Kabupaten Malang merupakan wilayah penghubung antar kota/kabupaten yaitu antara Kota Malang dan Kota Batu, Kota Malang dengan Kota Blitar, Kota Malang dengan Kediri, Kota Batu dengan Kediri, Kota Malang dengan Kota Lumajang dan Kota Malang dengan Kota Surabaya. Dengan posisi Kabupaten Malang yang berada di antara beberapa kota strategis di Jawa Timur dapat dipastikan pergerakan lalu lintas kendaraan bermotor dan kendaraan tak bermotor sangat tinggi yang timbulnya permasalahan lalu lintas seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan data angka kecelakaan di Wilayah Kabupaten Malang dalam kurun waktu 5 tahun terakhir tercatat 764 kasus kecelakaan lalu lintas. Kajian audit keselamatan jalan dilakukan untuk mengetahui rute jalan mana saja yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas, dimanakah lokasi yang terindikasi sebagai area black site dan black spot, bagaimana cara penanganan untuk meminimalkan angka kecelakaan lalu lintas pada black site dan black spot. Tindakan untuk pencegahan meningkatnya angka kecelakaan dan peningkatan angka keselamatan di jalan raya melalui kajian audit keselamatan jalan yang dilaksankan pada sebelas rute jalan di wilayah Kabupaten Malang. Hasil analisa diketahui karakteristik kecelakaan meliputi kecelakaan yang melibatkan kendaraan sepeda motor 61%, tipe tabrakan samping 46%, jenis kelamin pengendara laki-laki 96%, kejadian kecelakaan tertinggi hari Senin 17%, dan kejadian kecelakaan tertinggi waktu terang (06:00 - 10:00) 96%. Sedangkan penyebab kecelakaan yang paling dominan adalah faktor manusia dengan nilai 64%. Hasil analisa terhadap daerah rawan kecelakan (DRK) dengan acuan nilai equivalent accident number (EAN) lebih tinggi dari nilai batas kontrol atas (BKA) atau nilai angka keterlibatan kecelakaan per-100 juta kendaraan-km (100JKPK) berada di atas nilai BKA. Hasil analisa DRK ditemukan 5 rute jalan sebagai daerah rawan kecelakaan (black site) dengan 20 titik rawan kecelakaan (black spot). Selanjutnya penentuan usulan solusi perbaikan pada daerah black site dan black spot berdasarkan permasalahan pada geometrik jalan yang dianalisa dengan metode checklist menggunakan formulir AKJ standar PU diketahui 11 komponen pemasalahan pada area black spot meliputi kondisi umum jalan, alinyemen jalan, persimpangan, lajur tambahan/lajur untuk putar arah, lalu lintas tak bermotor, perlintasan kereta api, pemberhentian bus/kendaraan, kondisi penerangan, rambu dan marka jalan, bangunan pelengkap jalan, dan kondisi permukaan jalan. Dari semua permasalahan yang ditemukan dalam kajian dijadikan acuan untuk rekomendasi dan usulan perbaikan dengan program aksi keselamatan dengan fokus program utama yaitu: mewujudkan jalan berkeselamatan (safer roads), mewujudkan pengendara berkeselamatan (safer drivers), mewujudkan kendaraan yang berkeselamatan (safer vehicles), meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas (public traffic education), dan penanganan terhadap korban kecelakaan (post accident care).&#xD; </description><date>2016-08-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Ma`ruf, Annur (2016) Kajian Audit Keselamatan Jalan Pada Sebelas Ruas Jalan Utama Di Wilayah Kabupaten Malang,. Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/363.125/MAR/k/2016/041611217</relation><recordID>157179</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Ma`ruf, Annur
title Kajian Audit Keselamatan Jalan Pada Sebelas Ruas Jalan Utama Di Wilayah Kabupaten Malang
publishDate 2016
topic 363.1 Public safety programs
url http://repository.ub.ac.id/157179/
contents Kabupaten Malang merupakan wilayah penghubung antar kota/kabupaten yaitu antara Kota Malang dan Kota Batu, Kota Malang dengan Kota Blitar, Kota Malang dengan Kediri, Kota Batu dengan Kediri, Kota Malang dengan Kota Lumajang dan Kota Malang dengan Kota Surabaya. Dengan posisi Kabupaten Malang yang berada di antara beberapa kota strategis di Jawa Timur dapat dipastikan pergerakan lalu lintas kendaraan bermotor dan kendaraan tak bermotor sangat tinggi yang timbulnya permasalahan lalu lintas seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan data angka kecelakaan di Wilayah Kabupaten Malang dalam kurun waktu 5 tahun terakhir tercatat 764 kasus kecelakaan lalu lintas. Kajian audit keselamatan jalan dilakukan untuk mengetahui rute jalan mana saja yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas, dimanakah lokasi yang terindikasi sebagai area black site dan black spot, bagaimana cara penanganan untuk meminimalkan angka kecelakaan lalu lintas pada black site dan black spot. Tindakan untuk pencegahan meningkatnya angka kecelakaan dan peningkatan angka keselamatan di jalan raya melalui kajian audit keselamatan jalan yang dilaksankan pada sebelas rute jalan di wilayah Kabupaten Malang. Hasil analisa diketahui karakteristik kecelakaan meliputi kecelakaan yang melibatkan kendaraan sepeda motor 61%, tipe tabrakan samping 46%, jenis kelamin pengendara laki-laki 96%, kejadian kecelakaan tertinggi hari Senin 17%, dan kejadian kecelakaan tertinggi waktu terang (06:00 - 10:00) 96%. Sedangkan penyebab kecelakaan yang paling dominan adalah faktor manusia dengan nilai 64%. Hasil analisa terhadap daerah rawan kecelakan (DRK) dengan acuan nilai equivalent accident number (EAN) lebih tinggi dari nilai batas kontrol atas (BKA) atau nilai angka keterlibatan kecelakaan per-100 juta kendaraan-km (100JKPK) berada di atas nilai BKA. Hasil analisa DRK ditemukan 5 rute jalan sebagai daerah rawan kecelakaan (black site) dengan 20 titik rawan kecelakaan (black spot). Selanjutnya penentuan usulan solusi perbaikan pada daerah black site dan black spot berdasarkan permasalahan pada geometrik jalan yang dianalisa dengan metode checklist menggunakan formulir AKJ standar PU diketahui 11 komponen pemasalahan pada area black spot meliputi kondisi umum jalan, alinyemen jalan, persimpangan, lajur tambahan/lajur untuk putar arah, lalu lintas tak bermotor, perlintasan kereta api, pemberhentian bus/kendaraan, kondisi penerangan, rambu dan marka jalan, bangunan pelengkap jalan, dan kondisi permukaan jalan. Dari semua permasalahan yang ditemukan dalam kajian dijadikan acuan untuk rekomendasi dan usulan perbaikan dengan program aksi keselamatan dengan fokus program utama yaitu: mewujudkan jalan berkeselamatan (safer roads), mewujudkan pengendara berkeselamatan (safer drivers), mewujudkan kendaraan yang berkeselamatan (safer vehicles), meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas (public traffic education), dan penanganan terhadap korban kecelakaan (post accident care).
id IOS4666.157179
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T05:05:15Z
last_indexed 2021-10-28T07:42:54Z
recordtype dc
_version_ 1751454392648728576
score 17.538404