Kinerja Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang terhadap Keselamatan Kerja Industrial

Main Author: Setyanegara, Bima
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/157175/
Daftar Isi:
  • Hampir semua sektor kehidupan masyarakat telah terjamah oleh administrasi pengendalian dan pengakuan birokrasi dalam berbagai bentuk pelayanan khususnya dibidang ketenagakerjaan. Semua masyarakat membutuhkan berbagai macam bentuk pelayanan khususnya pelayanan dibidang ketenagakerjaan dari aparat pemerintah selaku pelayan masyarakat. Sudah menjadi kenyataan, bahwa berbagai kalangan masyarakat mengalami hambatan. Hambatan-hambatan tersebut meliputi tidak transparannya prosedur seperti persyaratan yang sedikit memberatkan masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan. Banyaknya tuntutan masyarakat terhadap aparat pemeritah daerah khususnya pemerintah Kota Malang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tuntutan masyarakat tersebut merupakan akibat dari merosotnya mutu pelayanan publik di Indonesia yang terjadi disemua lini pemerintahan, baik itu pusat daerah bahkan sampai pada pemerintah kota/kabupaten. Dari permasalahan tersebut, perlu adanya upaya peningkatan profesionalisme pegawai dalam memberikan pelayanan publik. Sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang dalam memberikan jaminan keselamatan kerja industrial dan tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan kinerja Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang dalam mewujudkan tingkat keselamatan kerja industrial di Kota Malang pada bidang ketenagakerjaan dengan memberikan ijin rekomendasi pengesahan kelayakan alat kerja (K3). Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mencari dan mengkonsep serta menggambarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di lokasi penelitian dan membangun dan menemukan adanya teori-teori baru yang berhubungan dengan hal penelitian. Sebagai fokus penelitian ini adalah kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan publik dan bentuk-bentuk pelayanan dibidang ketenagakerjaan yang diberikan oleh aparatur Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang kepada masyarakat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kinerja Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang dalam memberikan pelayanan pada masyarakat dinilai cukup baik. Hal itu tercermin dari kemampuan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai abdi masyarakat, semangat kerja yang dimiliki oleh aparat Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang dalam menjalankan tanggungjawabnya, dengan sikap seperti itu, Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang mampu memberikan suatu pelayanan yang cukup bermutu kepada masyarakat. Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang dilihat dari proses pelaksanaan pemberian pelayanan seperti prosedur atau tata cara, ketepatan waktu dan besaran biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk memperoleh suatu pelayanan dibidang kependudukan dinilai sangat cukup baik, hal tersebut tercermin dari semua mekanisme pelaksanaan memenuhi kriteria yang ditentukan seperti adanya unsur kejelasan dan kepastian, efisien dan ekonomis. Bentuk-bentuk pelayanan dibidang ketenagakerjaan yang sering diberikan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang antara lain bersifat administratif yang meliputi pemenuhan dokumen-dokumen, serta surat-surat keterangan yang menyangkut masalah ketenagakerjaan lainnya. Sedangkan pelayanan yang bersifat non administratif dilakukan sesuai program yang dicanangkan tiap tahunnya. Hendaknya Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan upaya yang harus ditempuh adalah dengan terus meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan pelatihan sesuai dengan tugas dan kewajiban sehingga akan didapat profesionalisme dalam menjalankan tugas. Untuk meningkatkan profesionalisme pegawai perlu diberikan pelatihan-pelatihan seperti bimbingan teknis yang berkaitan dengan cara dan prosedur dalam melayani masyarakat yang dilakukan setiap tahunnya. Peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana penunjang juga harus dilakukan dengan harapan menciptakan efektifitas dan efisiensi dalam pelayanan publik khususnya dibidang ketenagakerjaan. Agar kualitas dan efisiensi dapat terwujud hendaknya Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial Kota Malang mengajukan permohonan penambahan personil agar dalam menjalankan tugas-tugasnya yang berintensitas padat tidak terhambat karena kurangnya jumlah pejabat fungsional teknis pengawas ketenagakerjaan.