Hubungan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Kinerja Karyawan, Kinerja Klinis Dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit

Main Author: Mulyaningsari, Rohma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/157104/
ctrlnum 157104
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/157104/</relation><title>Hubungan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Kinerja Karyawan, Kinerja Klinis Dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit</title><creator>Mulyaningsari, Rohma</creator><subject>362.1 People with physical illnesses</subject><description> Studi menunjukkan bahwa dampak akreditasi sebagai ukuran implementasi sistem manajemen mutu (SMM) masih diperdebatkan. Demikian juga data di pencapaian indikator mutu Rumah Sakit Hermina Tangkubanprahu Tahun 2014&#x2013;2015 menunjukkan bahwa aspek klinis dan keselamatan pasien mempunyai capaian yang rendah sesuai akreditasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sistem manajemen mutu terhadap kinerja karyawan, kinerja klinis dan kualitas pelayanan. Penelitian dilakukan dengan desain cross sectional, di Rumah Sakit Hermina Tangkubanprahu, bulan Februari-Maret tahun 2016 pada 8 Instalasi. Variabel dalam penelitian ini adalah sistem manajemen mutu, kinerja karyawan, indikator area klinis dan kualitas pelayanan. Sistem manajemen mutu dinilai menggunakan lembar observasi dan wawancara. Kinerja karyawan diukur pada 142 orang menggunakan lembar penilaian kinerja karyawan, dan pencapaian indikator area klinis dinilai menggunakan formulir penilaian indikator area klinis. Kualitas pelayanan diukur pada 150 responden dengan menggunakan kuesioner kualitas pelayanan. Hubungan antar variabel diuji menggunakan metode koefisien korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dan kuat antara sistem manajemen mutu dengan kinerja klinis (p=0.005 dan r=0.873) dan kualitas pelayanan (p=0.023 dan r=0.778). Tidak terdapat hubungan antara sistem manajemen mutu dengan kinerja karyawan (p=0.734 dan r=0.144), kinerja karyawan dengan kinerja klinis (p=0.955 dan r=0.024) dan dengan kualitas pelayanan (p=0.736 dan r=-0.143). Temuan ini mengindikasi bahwa penerapan SMM mempunyai hubungan langsung dan signifikan terhadap kinerja klinis dan kualitas pelayanan, sedangkan peran kinerja karyawan perlu dikaji lebih lanjut. &#xD; </description><date>2016-06-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Mulyaningsari, Rohma (2016) Hubungan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Kinerja Karyawan, Kinerja Klinis Dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit. Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/362.110 68/MUL/h/2016/041611445</relation><recordID>157104</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Mulyaningsari, Rohma
title Hubungan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Kinerja Karyawan, Kinerja Klinis Dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit
publishDate 2016
topic 362.1 People with physical illnesses
url http://repository.ub.ac.id/157104/
contents Studi menunjukkan bahwa dampak akreditasi sebagai ukuran implementasi sistem manajemen mutu (SMM) masih diperdebatkan. Demikian juga data di pencapaian indikator mutu Rumah Sakit Hermina Tangkubanprahu Tahun 2014–2015 menunjukkan bahwa aspek klinis dan keselamatan pasien mempunyai capaian yang rendah sesuai akreditasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sistem manajemen mutu terhadap kinerja karyawan, kinerja klinis dan kualitas pelayanan. Penelitian dilakukan dengan desain cross sectional, di Rumah Sakit Hermina Tangkubanprahu, bulan Februari-Maret tahun 2016 pada 8 Instalasi. Variabel dalam penelitian ini adalah sistem manajemen mutu, kinerja karyawan, indikator area klinis dan kualitas pelayanan. Sistem manajemen mutu dinilai menggunakan lembar observasi dan wawancara. Kinerja karyawan diukur pada 142 orang menggunakan lembar penilaian kinerja karyawan, dan pencapaian indikator area klinis dinilai menggunakan formulir penilaian indikator area klinis. Kualitas pelayanan diukur pada 150 responden dengan menggunakan kuesioner kualitas pelayanan. Hubungan antar variabel diuji menggunakan metode koefisien korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dan kuat antara sistem manajemen mutu dengan kinerja klinis (p=0.005 dan r=0.873) dan kualitas pelayanan (p=0.023 dan r=0.778). Tidak terdapat hubungan antara sistem manajemen mutu dengan kinerja karyawan (p=0.734 dan r=0.144), kinerja karyawan dengan kinerja klinis (p=0.955 dan r=0.024) dan dengan kualitas pelayanan (p=0.736 dan r=-0.143). Temuan ini mengindikasi bahwa penerapan SMM mempunyai hubungan langsung dan signifikan terhadap kinerja klinis dan kualitas pelayanan, sedangkan peran kinerja karyawan perlu dikaji lebih lanjut.
id IOS4666.157104
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T05:05:10Z
last_indexed 2021-10-28T07:42:50Z
recordtype dc
_version_ 1751454393240125440
score 17.538404