Pengalaman Pasien Dirawat Inap sebagai Upaya Perencanaan Bauran Pemasaran (Studi Fenomenologi di Rumah Sakit X Kabupaten Malang)
Main Author: | Juhariah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/157099/ |
Daftar Isi:
- Perilaku pasien dalam memilih rumah sakit dan pengalaman pasien dan keluarganya yang digali dengan baik akan menciptakan peluang bagi rumah sakit untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Penelitian ini mengkaji pengalaman pasien selama dirawat dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi sehingga didapatkan struktur makna pengalaman pasien. Selama Tahun 2008 sampai 2010 telah bertambah jumlah rumah sakit swasta dari 7 buah menjadi 12 buah dengan penambahan 15 % tempat tidur. Sebaliknya terjadi pengurangan jumlah tidur pada satu rumah sakit swasta dalam rangka efisiensi. Jumlah informan 6 orang yang dirawat di kelas III,II,I dan VIP. Pemilihan rumah sakit X terjadi karena pengaruh pengetahuan pasien terhadap informasi dari komponen bauran pemasaran yang telah disosialisasikan oleh rumah sakit X ataupun pengaruh motivasi dari pasien sendiri. Komponen bauran pemasaran yang tampak sebagai alasan pasien memilih rumah sakit adalah faktor jarak ( place) , askes dan cara membayar ( price ), dokter ( people ), kecepatan ( process) , fasilitas dan kebersihan ( physical evidence ). Komponen lain alasan memilih rumah sakit adalah dan gengsi (harapan harga diri). Pertimbangan pengalaman pasien dirawat dalam pemilihan rumah sakit X adalah pengalaman dirawat pasien sendiri, keluarga terdekat, saudara dan teman.