Determinan Kepuasan Waktu Tunggu Pelayanan Obat Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit

Main Author: Fitriah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/157071/
ctrlnum 157071
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/157071/</relation><title>Determinan Kepuasan Waktu Tunggu Pelayanan Obat Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit</title><creator>Fitriah, Nurul</creator><subject>362.1 People with physical illnesses</subject><description> Kepuasan waktu tunggu pelayanan obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan (IFRJ) rumah sakit mendapat komplain terbanyak. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa waktu tunggu aktual di IFRJ telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM), namun kepuasan waktu tunggu pelayanan obat belum memenuhi SPM. Berdasarkan penelitian terdahulu, diketahui bahwa kepuasan waktu tunggu lebih dipengaruhi oleh komponen subjektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh determinan kepuasan waktu tunggu pelayanan obat berdasarkan komponen subjektif yang terdiri dari percieved waiting time (PWT), kejelasan informasi waktu tunggu, dan kepuasan lingkungan tunggu terhadap kepuasan pelayanan farmasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Responden adalah penunggu obat di IFRJ rumah sakit dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh PWT, kejelasan informasi waktu tunggu, dan kepuasan lingkungan tunggu secara simultan terhadap kepuasan waktu tunggu pelayanan obat sebesar 65.8%. Terdapat pengaruh signifikan dari PWT (-0.401), kejelasan informasi waktu tunggu (0.085), dan kepuasan lingkungan tunggu (0.490) terhadap kepuasan waktu tunggu pelayanan obat. Kontribusi PWT, kejelasan informasi waktu tunggu, kepuasan lingkungan tunggu, dan kepuasan waktu tunggu pelayanan obat secara simultan terhadap kepuasan pelayanan farmasi sebesar 87.8%. Terdapat pengaruh signifikan dari kepuasan lingkungan tunggu (0.363) dan kepuasan waktu tunggu pelayanan obat (0.487) terhadap kepuasan pelayanan farmasi. Penelitian ini menemukan bahwa kepuasan waktu tunggu pelayanan obat merupakan mediator antara determinannya terhadap kepuasan pelayanan farmasi, selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa kepuasan lingkungan tunggu merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan waktu tunggu pelayanan obat dan kepuasan pelayanan farmasi. &#xD; </description><date>2016-08-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Fitriah, Nurul (2016) Determinan Kepuasan Waktu Tunggu Pelayanan Obat Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit. Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/362.1/FIT/d/2016/041611447</relation><recordID>157071</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Fitriah, Nurul
title Determinan Kepuasan Waktu Tunggu Pelayanan Obat Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit
publishDate 2016
topic 362.1 People with physical illnesses
url http://repository.ub.ac.id/157071/
contents Kepuasan waktu tunggu pelayanan obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan (IFRJ) rumah sakit mendapat komplain terbanyak. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa waktu tunggu aktual di IFRJ telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM), namun kepuasan waktu tunggu pelayanan obat belum memenuhi SPM. Berdasarkan penelitian terdahulu, diketahui bahwa kepuasan waktu tunggu lebih dipengaruhi oleh komponen subjektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh determinan kepuasan waktu tunggu pelayanan obat berdasarkan komponen subjektif yang terdiri dari percieved waiting time (PWT), kejelasan informasi waktu tunggu, dan kepuasan lingkungan tunggu terhadap kepuasan pelayanan farmasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Responden adalah penunggu obat di IFRJ rumah sakit dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh PWT, kejelasan informasi waktu tunggu, dan kepuasan lingkungan tunggu secara simultan terhadap kepuasan waktu tunggu pelayanan obat sebesar 65.8%. Terdapat pengaruh signifikan dari PWT (-0.401), kejelasan informasi waktu tunggu (0.085), dan kepuasan lingkungan tunggu (0.490) terhadap kepuasan waktu tunggu pelayanan obat. Kontribusi PWT, kejelasan informasi waktu tunggu, kepuasan lingkungan tunggu, dan kepuasan waktu tunggu pelayanan obat secara simultan terhadap kepuasan pelayanan farmasi sebesar 87.8%. Terdapat pengaruh signifikan dari kepuasan lingkungan tunggu (0.363) dan kepuasan waktu tunggu pelayanan obat (0.487) terhadap kepuasan pelayanan farmasi. Penelitian ini menemukan bahwa kepuasan waktu tunggu pelayanan obat merupakan mediator antara determinannya terhadap kepuasan pelayanan farmasi, selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa kepuasan lingkungan tunggu merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan waktu tunggu pelayanan obat dan kepuasan pelayanan farmasi.
id IOS4666.157071
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T05:05:10Z
last_indexed 2021-10-28T07:42:49Z
recordtype dc
_version_ 1751454393334497280
score 17.538404