Implementasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Parkir (Studi Kasus Implementasi Perda No. 6 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Dan Retribusi Tempat Khusus Parkir Di Kabupaten

Main Author: Anam, Syaiful
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/157040/
ctrlnum 157040
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/157040/</relation><title>Implementasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Parkir (Studi Kasus Implementasi Perda No. 6 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Dan Retribusi Tempat Khusus Parkir Di Kabupaten</title><creator>Anam, Syaiful</creator><subject>354.7 Public administration of commerce, communications, transportation</subject><description> Masalah parkir menjadi salah satu persoalan tersendiri yang di hadapi pemerintah di berbagai daerah, terutama daerah memiliki struktur suasana kota yang ramai dan padat yang tidak sesuai dengan luas jalan tidak memadai. Meningkatnya penggunaan kendaraan serta aktivitas masyarakat dari satu tempat ke tempat lain meningkatkan kebutuhan masyarakat akan lahan atau ruang parkir. Tidak seimbangnya pertambahan ruas jalan dengan pertambahan volume kendaraan dan menyusul banyaknya ruko, minimarket, pusat perbelanjaan dan jenis bangunan lainnya yang didirikan tanpa lahan parkir yang representatif, bahkan ada yang sama sekali tidak memiliki lahan parkir. Kondisi seperti ini menyebabkan masyarakat terpaksa menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir. Hal ini menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya kemacetan, kemudian ditambah lagi dengan prilaku pengguna jalan raya yang tidak disiplin dan tidak beretika. Regulasi kebijakan pemerintah daerah kabupaten pamekasan dalam bentuk PERDA No. 6 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Retribusi Tempat Khusus Parkir digulirkan pada prinsipnya ingin memaksimalkan perannya sebagai public servant yakni memberi pelayanan optimal kepada masyarkat, memberi kepastian hukum tentang pengelolalan Parkir di Pamekasan, menekan kebocoran hasil retribusi parkir, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan, memberi kepastian pendapatan juru Parkir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pamekasan Nomer 6 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Retribusi Tempat Khusus Parkir, Untuk mengetahui keterlibatan para aktor pelaksana, dan untuk mendiskripsikan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi kebijakan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumen. Pelaksanaan kebijakan retribusi pelayanan parkir di pamekasan memberi hasil positif terhadap pemerintah karena dapat mendongrak keuangan daerah dari sektor retribusi parkir, memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam pelayanan parkir di tepi jalan umum maupun di tempat khusus parkir, memberi kepastian hukum bagi petugas juru parkir dalam melaksanakan tugasnya. Namun disisi lain pelaksanaan kebijakan tersebut harus ditingkatkan mengenai beberapa aspek yaitu penyediaan fasilitas tempat parkir yang tidak layak, peningkatan kedisiplinan dan ketegasan petugas juru parkir maupun kepolisian terhadap pengguna layanan parkir, peningkatan koordinasi dan komunikasi institusi pelaksana parkir DISHUBKOMINFO dengan pihak RSUD Pamekasan. Kata kunci : Retribusi Parkir, dan Kebijakan Retribusi Pelayanan Parkir&#xD; </description><date>2015-08-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Anam, Syaiful (2015) Implementasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Parkir (Studi Kasus Implementasi Perda No. 6 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Dan Retribusi Tempat Khusus Parkir Di Kabupaten. Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/354.765/ANA/i/2014/041507944</relation><recordID>157040</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Anam, Syaiful
title Implementasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Parkir (Studi Kasus Implementasi Perda No. 6 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Dan Retribusi Tempat Khusus Parkir Di Kabupaten
publishDate 2015
topic 354.7 Public administration of commerce
communications
transportation
url http://repository.ub.ac.id/157040/
contents Masalah parkir menjadi salah satu persoalan tersendiri yang di hadapi pemerintah di berbagai daerah, terutama daerah memiliki struktur suasana kota yang ramai dan padat yang tidak sesuai dengan luas jalan tidak memadai. Meningkatnya penggunaan kendaraan serta aktivitas masyarakat dari satu tempat ke tempat lain meningkatkan kebutuhan masyarakat akan lahan atau ruang parkir. Tidak seimbangnya pertambahan ruas jalan dengan pertambahan volume kendaraan dan menyusul banyaknya ruko, minimarket, pusat perbelanjaan dan jenis bangunan lainnya yang didirikan tanpa lahan parkir yang representatif, bahkan ada yang sama sekali tidak memiliki lahan parkir. Kondisi seperti ini menyebabkan masyarakat terpaksa menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir. Hal ini menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya kemacetan, kemudian ditambah lagi dengan prilaku pengguna jalan raya yang tidak disiplin dan tidak beretika. Regulasi kebijakan pemerintah daerah kabupaten pamekasan dalam bentuk PERDA No. 6 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Retribusi Tempat Khusus Parkir digulirkan pada prinsipnya ingin memaksimalkan perannya sebagai public servant yakni memberi pelayanan optimal kepada masyarkat, memberi kepastian hukum tentang pengelolalan Parkir di Pamekasan, menekan kebocoran hasil retribusi parkir, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan, memberi kepastian pendapatan juru Parkir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pamekasan Nomer 6 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Retribusi Tempat Khusus Parkir, Untuk mengetahui keterlibatan para aktor pelaksana, dan untuk mendiskripsikan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi kebijakan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumen. Pelaksanaan kebijakan retribusi pelayanan parkir di pamekasan memberi hasil positif terhadap pemerintah karena dapat mendongrak keuangan daerah dari sektor retribusi parkir, memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam pelayanan parkir di tepi jalan umum maupun di tempat khusus parkir, memberi kepastian hukum bagi petugas juru parkir dalam melaksanakan tugasnya. Namun disisi lain pelaksanaan kebijakan tersebut harus ditingkatkan mengenai beberapa aspek yaitu penyediaan fasilitas tempat parkir yang tidak layak, peningkatan kedisiplinan dan ketegasan petugas juru parkir maupun kepolisian terhadap pengguna layanan parkir, peningkatan koordinasi dan komunikasi institusi pelaksana parkir DISHUBKOMINFO dengan pihak RSUD Pamekasan. Kata kunci : Retribusi Parkir, dan Kebijakan Retribusi Pelayanan Parkir
id IOS4666.157040
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T05:05:05Z
last_indexed 2021-10-28T07:42:44Z
recordtype dc
_version_ 1751454393554698240
score 17.538404