Pengaruh Belanja Pendidikan terhadap Kinerja Pendidikan dengan Good Governance sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Satuan Pendidikan Dasar di Kabupaten Bulungan Propinsi Kalimantan Timur)
Main Author: | Hidayat, Imam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/156977/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh belanja pendidikan terhadap kinerja pendidikan. Berdasarkan hasil yang tidak konsisten pada penelitian-penelitian terdahulu, diduga faktor Good Governance memperkuat atau memperlemah pengaruh belanja pendidikan terhadap kinerja pendidikan berdasarkan pada teori agensi. Penelitian ini merupakan model kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh hubungan variabel dependen dan independen. Pendekatan yang digunakan untuk menguji variabel moderasi dengan metode nilai selisih mutlak. Pengujian regresi dilakukan pada 63 sampel sekolah baik SD dan SMP dari jumlah populasi 167 di Kabupaten Bulungan Propinsi Kalimantan Timur pada periode 2011 dengan menggunakan teknik proportional stratified sampling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi belanja pendidikan, maka akan semakin meningkatkan kinerja pendidikan. Variabel Good Governance tidak memperkuat atau memperlemah pengaruh belanja pendidikan terhadap kinerja pendidikan, namun Good Governance mempengaruhi kinerja pendidikan secara independen baik secara simultan maupun secara parsial.