Implementasi Kebijakan Publik Bidang Kesehatan untuk Mewujudkan Manajemen Pelayanan Kesehatan Berbasis ISO 9001:2008 (Studi tentang Manajemen Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Sempu Kab. Banyuwangi)

Main Author: Primawati, Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/156972/
ctrlnum 156972
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/156972/</relation><title>Implementasi Kebijakan Publik Bidang Kesehatan untuk Mewujudkan Manajemen Pelayanan Kesehatan Berbasis ISO 9001:2008 (Studi tentang Manajemen Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Sempu Kab. Banyuwangi)</title><creator>Primawati, Wahyu</creator><subject>353.6 Public administration of health services</subject><description> &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi kebijakan publik bidang kesehatan, kualitas pelayanan dan faktor-faktor internal maupun eksternal yang berpengaruh pada Puskesmas Sempu Kabupaten Banyuwangi dalam mengimplementasikan manajemen pelayanan kesehatan berbasis ISO 9001:2008. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisa kualitatif model interaktif. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan publik bidang kesehatan berbasis ISO 9001:2008 di Puskesmas Sempu Kabupaten Banyuwangi yang telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati no 63 tahun 2010. Dalam pencapaian manajemen pelayanan publik bidang kesehatan di fokuskan pada kepuasan pelanggan, penghargaan terhadap setiap orang, manajemen berdasarkan fakta, Perbaikan berkesinambungani sudah cukup baik. (2) Kualitas pelayanan Publik Puskesmas Sempu Kabupaten Banyuwangi dalam mengimplementasikan manajemen pelayanan kesehatan berbasis ISO 9001:2008 berdasar 14 unsur pelayanan dinyatakan Mutu Pelayananya &#x201C;B&#x201D;(Baik). (3) Faktor-faktor internal maupun eksternal Puskesmas Sempu Kabupaten Banyuwangi dalam mengimplementasikan manajemen pelayanan kesehatan berbasis ISO 9001:2008, yang meliputi: faktor internal sebagai pendukung, yaitu dengan telah dilaksanakannya semua standar ISO 9001:2008 di Puskesmas Sempu secara efektif dipatuhi, diterapkan oleh semua bagian yang terkait dan juga secara konsisten telah memberlakukan SPP (Standar Pelayanan Publik). Setiap bulan juga diadakan Lokakarya Mini Lintas Program. Faktor internal sebagai penghambat yaitu bermuara pada kesiapan petugas untuk melakukan perubahan seperti maksud dari Reformasi Birokrasi. Faktor eksternal sebagai pendukung adalah bahwa setiap bulan di Puskesmas Sempu juga diadakan Lokakarya Mini Lintas Sektor. yang merupakan pertemuan antara Puskesmas dengan sektor-sektor terkait dengan kegiatan Puskesmas. Sedangkan faktor eksternal sebagai penghambat adalah masyarakat banyak yang belum mengetahui apa yang dinamakan ISO, sehingga mereka datang ke Puskesmas hanya dengan tujuan berobat saja. &#xD; Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan berbasis ISO 9001:2008 maka penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi: Mengusulkan: (1). Kepada Bupati Banyuwangi untuk menambah reward bagi Puskesmas yang sudah ISO dan evaluasi berkala oleh tim Audit Eksternal. (2) Kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk membentuk Tim audit Internal. (3) Petugas pelayanan berkomitmen dengan selalu mempunyai nilai integritas/kepatuhan yang tinggi, menerapkan evaluasi internal sistem manajemen mutu secara terus menerus. &#xD; </description><date>2012-03-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Primawati, Wahyu (2012) Implementasi Kebijakan Publik Bidang Kesehatan untuk Mewujudkan Manajemen Pelayanan Kesehatan Berbasis ISO 9001:2008 (Studi tentang Manajemen Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Sempu Kab. Banyuwangi). Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/353.6/PRI/i/041204171</relation><recordID>156972</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Primawati, Wahyu
title Implementasi Kebijakan Publik Bidang Kesehatan untuk Mewujudkan Manajemen Pelayanan Kesehatan Berbasis ISO 9001:2008 (Studi tentang Manajemen Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Sempu Kab. Banyuwangi)
publishDate 2012
topic 353.6 Public administration of health services
url http://repository.ub.ac.id/156972/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi kebijakan publik bidang kesehatan, kualitas pelayanan dan faktor-faktor internal maupun eksternal yang berpengaruh pada Puskesmas Sempu Kabupaten Banyuwangi dalam mengimplementasikan manajemen pelayanan kesehatan berbasis ISO 9001:2008. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisa kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan publik bidang kesehatan berbasis ISO 9001:2008 di Puskesmas Sempu Kabupaten Banyuwangi yang telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati no 63 tahun 2010. Dalam pencapaian manajemen pelayanan publik bidang kesehatan di fokuskan pada kepuasan pelanggan, penghargaan terhadap setiap orang, manajemen berdasarkan fakta, Perbaikan berkesinambungani sudah cukup baik. (2) Kualitas pelayanan Publik Puskesmas Sempu Kabupaten Banyuwangi dalam mengimplementasikan manajemen pelayanan kesehatan berbasis ISO 9001:2008 berdasar 14 unsur pelayanan dinyatakan Mutu Pelayananya “B”(Baik). (3) Faktor-faktor internal maupun eksternal Puskesmas Sempu Kabupaten Banyuwangi dalam mengimplementasikan manajemen pelayanan kesehatan berbasis ISO 9001:2008, yang meliputi: faktor internal sebagai pendukung, yaitu dengan telah dilaksanakannya semua standar ISO 9001:2008 di Puskesmas Sempu secara efektif dipatuhi, diterapkan oleh semua bagian yang terkait dan juga secara konsisten telah memberlakukan SPP (Standar Pelayanan Publik). Setiap bulan juga diadakan Lokakarya Mini Lintas Program. Faktor internal sebagai penghambat yaitu bermuara pada kesiapan petugas untuk melakukan perubahan seperti maksud dari Reformasi Birokrasi. Faktor eksternal sebagai pendukung adalah bahwa setiap bulan di Puskesmas Sempu juga diadakan Lokakarya Mini Lintas Sektor. yang merupakan pertemuan antara Puskesmas dengan sektor-sektor terkait dengan kegiatan Puskesmas. Sedangkan faktor eksternal sebagai penghambat adalah masyarakat banyak yang belum mengetahui apa yang dinamakan ISO, sehingga mereka datang ke Puskesmas hanya dengan tujuan berobat saja. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan berbasis ISO 9001:2008 maka penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi: Mengusulkan: (1). Kepada Bupati Banyuwangi untuk menambah reward bagi Puskesmas yang sudah ISO dan evaluasi berkala oleh tim Audit Eksternal. (2) Kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk membentuk Tim audit Internal. (3) Petugas pelayanan berkomitmen dengan selalu mempunyai nilai integritas/kepatuhan yang tinggi, menerapkan evaluasi internal sistem manajemen mutu secara terus menerus.
id IOS4666.156972
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T05:05:04Z
last_indexed 2021-10-28T07:42:44Z
recordtype dc
_version_ 1751454393948962816
score 17.538404