Pengaruh Pelatihan, Kemampuan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Kanindo Syari`Ah Jatim)

Main Author: Alimudin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/156926/
Daftar Isi:
  • Sumber daya manusia merupakan salah satu aspek penting yang sangat berpengaruh dalam pencapaian tujuan perusahaan, sehingga memerlukan pengelolaan dan pengembangan yang baik dalam upaya meningkatkan kinerja mereka. Kualitas sumber daya manusia ditentukan oleh sejauh mana sistem di bidang sumber daya manusia ini sanggup menunjang dan memuaskan keinginan karyawan maupun perusahaan. Pelatihan akan memberikan kesempatan untuk menambah pengetahuan dan keahlian. Sedangkan dengan motivasi akan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyalurkan ego individu dan memperkuat komitmen karyawan pada perusahaan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh langsung materi pelatihan, metode pelatihan dan waktu pelatihan terhadap kemampuan karyawan; 2) Untuk mengetahui pengaruh langsung materi pelatihan, metode pelatihan, waktu pelatihan, motivasi kerja dan kemampuan karyawan terhadap kinerja karyawan; 3) Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung materi pelatihan, metode pelatihan dan waktu pelatihan terhadap kinerja karyawan melalui kemampuan karyawan. Berdasarkan tujuan penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya, maka jenis penelitian ini adalah eksplanatoris, yaitu penelitian yang menjelaskan dan menyoroti hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Oleh karenanya penelitian ini dinamakan juga penelitian uji hipotesis. Berdasarkan analisis statistik deskriptif, maka deskripsi mengenai Rata-rata Skor Total Variabel-Variabel : Materi Pelatihan sebesar 4,08, Metode Pelatihan sebesar 3,85, Waktu Pelatihan sebesar 3,78, Motivasi Kerja sebesar 3,69, Kemampuan Karyawan sebesar 4,02 dan Kinerja Karyawan sebesar 3,75. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, Materi Pelatihan (X1), Metode Pelatihan (X2) dan Waktu Pelatihan (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan Karyawan (Z) adalah sebesar 0,793 atau 79,3%. Dan pelatihan (X1 X2 X3), motivasi (X4), Kemampuan Karyawan (Z) terhadap Kinerja Karyawan (Y) adalah sebesar 0,935 atau 93,5%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti. Hasil pengujian hipotesis secara keseluruhan, model pada penelitian ini terbagi atas 8 pengaruh langsung, dan 3 pengaruh tidak langsung, karena pengaruh langsung antara pelatihan (X1 X2 X3) dan Motivasi Kerja (X4) terhadap Kinerja Karyawan (Y) dan pengaruh langsung antara Kemampuan Karyawan (Z) terhadap Kinerja Karyawan (Y) adalah signifikan, maka pengaruh tidak langsung antara pelatihan (X1 X2 X3) terhadap Kinerja Karyawan (Y) melalui Kemampuan Karyawan (Z) juga signifikan.