Kinerja Organisasi Publik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi tentang Kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, Kota Batu dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi kepada
Main Author: | Prasaja, Aditya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/156924/ |
ctrlnum |
156924 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/156924/</relation><title>Kinerja Organisasi Publik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi tentang Kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, Kota Batu dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi kepada</title><creator>Prasaja, Aditya</creator><subject>352.6 Personnel management (Human resource management)</subject><description> 
Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan fungsi pemerintah yang harus dilaksanakan dengan baik salah satunya adalah pelayanan bidang administrasi yang kewenangannya penyelenggaraannya masih menjadi monopoli pemerintah. Seiring dengan perkembangan masyarakat, pemerintah dituntut untuk lebih responsif dan inovatif dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang mana salah satu bentuk responsivitas dan inovasi tersebut adalah melalui program pelayanan administrasi pada malam hari. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1) Bagaimana kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas dalam pelaksanaan program pelayanan publik pada malam hari, dan 2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat program pelayanan publik pada malam hari di lingkungan Pemerintah Kecamatan Batu Kelurahan Temas. 
Penelitian dilakukan pada Kantor Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, responden terdiri dari aparatur penyelenggara pelayanan dan masyarakat pengguna layanan. Metode analisis yaitu dengan melakukan: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Menarik kesimpulan dan verifikasi. 
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan standar pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas yang meliputi: a) Produk pelayanan, b) Persyaratan, c) Prosedur, d) Jangka Waktu, e) Biaya, f) Sarana, g) Kompetensi pelaksana, h) Pengawasan internal, i) Penanganan pengaduan, j) Jumlah pelaksana, dan k) Evaluasi kinerja; 2) Efisiensi dan efektivitas pegawai dalam melaksanakan pelayanan yang meliputi: a) Kuantitas output pekerjaan, b) Kualitas output pekerjaan, c) Kepatuhan terhadap prosedur; 3) Efisiensi dan efektivitas anggaran dalam pelaksanaan program; 4) Faktor pendukung pelaksanaan program; dan 5) faktor penghambat pelaksanaan program. 
Hal utama yang mencadi catatan penulis adalah kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas dalam pelaksanaan program pelayanan administrasi pada malam hari cukup baik akan tetapi masih belum optimal karena masih terdapat beberapa permasalahan yaitu pada konsistensi pada penerapan standar pelayanan, kompetensi pegawai, dan saran pendukung kegiatan pelayanan. Selain itu belum adanya legalitas membuat program tersebut menjadi sangat rentan pada perubahan kondisi pada lingkungan Pemerintah Kota Batu. 
</description><date>2012-08-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Prasaja, Aditya (2012) Kinerja Organisasi Publik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi tentang Kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, Kota Batu dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi kepada. Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/352.66/PRA/k/041305372</relation><recordID>156924</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Prasaja, Aditya |
title |
Kinerja Organisasi Publik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi tentang Kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, Kota Batu dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi kepada |
publishDate |
2012 |
topic |
352.6 Personnel management (Human resource management) |
url |
http://repository.ub.ac.id/156924/ |
contents |
Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan fungsi pemerintah yang harus dilaksanakan dengan baik salah satunya adalah pelayanan bidang administrasi yang kewenangannya penyelenggaraannya masih menjadi monopoli pemerintah. Seiring dengan perkembangan masyarakat, pemerintah dituntut untuk lebih responsif dan inovatif dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang mana salah satu bentuk responsivitas dan inovasi tersebut adalah melalui program pelayanan administrasi pada malam hari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1) Bagaimana kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas dalam pelaksanaan program pelayanan publik pada malam hari, dan 2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat program pelayanan publik pada malam hari di lingkungan Pemerintah Kecamatan Batu Kelurahan Temas.
Penelitian dilakukan pada Kantor Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, responden terdiri dari aparatur penyelenggara pelayanan dan masyarakat pengguna layanan. Metode analisis yaitu dengan melakukan: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan standar pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas yang meliputi: a) Produk pelayanan, b) Persyaratan, c) Prosedur, d) Jangka Waktu, e) Biaya, f) Sarana, g) Kompetensi pelaksana, h) Pengawasan internal, i) Penanganan pengaduan, j) Jumlah pelaksana, dan k) Evaluasi kinerja; 2) Efisiensi dan efektivitas pegawai dalam melaksanakan pelayanan yang meliputi: a) Kuantitas output pekerjaan, b) Kualitas output pekerjaan, c) Kepatuhan terhadap prosedur; 3) Efisiensi dan efektivitas anggaran dalam pelaksanaan program; 4) Faktor pendukung pelaksanaan program; dan 5) faktor penghambat pelaksanaan program.
Hal utama yang mencadi catatan penulis adalah kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas dalam pelaksanaan program pelayanan administrasi pada malam hari cukup baik akan tetapi masih belum optimal karena masih terdapat beberapa permasalahan yaitu pada konsistensi pada penerapan standar pelayanan, kompetensi pegawai, dan saran pendukung kegiatan pelayanan. Selain itu belum adanya legalitas membuat program tersebut menjadi sangat rentan pada perubahan kondisi pada lingkungan Pemerintah Kota Batu.
|
id |
IOS4666.156924 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T05:04:59Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:42:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454394105200640 |
score |
17.538404 |