Kinerja Organisasi Publik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi tentang Kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, Kota Batu dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi kepada

Main Author: Prasaja, Aditya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/156924/
ctrlnum 156924
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/156924/</relation><title>Kinerja Organisasi Publik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi tentang Kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, Kota Batu dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi kepada</title><creator>Prasaja, Aditya</creator><subject>352.6 Personnel management (Human resource management)</subject><description> &#xD; Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan fungsi pemerintah yang harus dilaksanakan dengan baik salah satunya adalah pelayanan bidang administrasi yang kewenangannya penyelenggaraannya masih menjadi monopoli pemerintah. Seiring dengan perkembangan masyarakat, pemerintah dituntut untuk lebih responsif dan inovatif dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang mana salah satu bentuk responsivitas dan inovasi tersebut adalah melalui program pelayanan administrasi pada malam hari. &#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1) Bagaimana kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas dalam pelaksanaan program pelayanan publik pada malam hari, dan 2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat program pelayanan publik pada malam hari di lingkungan Pemerintah Kecamatan Batu Kelurahan Temas. &#xD; Penelitian dilakukan pada Kantor Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, responden terdiri dari aparatur penyelenggara pelayanan dan masyarakat pengguna layanan. Metode analisis yaitu dengan melakukan: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Menarik kesimpulan dan verifikasi. &#xD; Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan standar pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas yang meliputi: a) Produk pelayanan, b) Persyaratan, c) Prosedur, d) Jangka Waktu, e) Biaya, f) Sarana, g) Kompetensi pelaksana, h) Pengawasan internal, i) Penanganan pengaduan, j) Jumlah pelaksana, dan k) Evaluasi kinerja; 2) Efisiensi dan efektivitas pegawai dalam melaksanakan pelayanan yang meliputi: a) Kuantitas output pekerjaan, b) Kualitas output pekerjaan, c) Kepatuhan terhadap prosedur; 3) Efisiensi dan efektivitas anggaran dalam pelaksanaan program; 4) Faktor pendukung pelaksanaan program; dan 5) faktor penghambat pelaksanaan program. &#xD; Hal utama yang mencadi catatan penulis adalah kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas dalam pelaksanaan program pelayanan administrasi pada malam hari cukup baik akan tetapi masih belum optimal karena masih terdapat beberapa permasalahan yaitu pada konsistensi pada penerapan standar pelayanan, kompetensi pegawai, dan saran pendukung kegiatan pelayanan. Selain itu belum adanya legalitas membuat program tersebut menjadi sangat rentan pada perubahan kondisi pada lingkungan Pemerintah Kota Batu. &#xD; </description><date>2012-08-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Prasaja, Aditya (2012) Kinerja Organisasi Publik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi tentang Kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, Kota Batu dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi kepada. Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/352.66/PRA/k/041305372</relation><recordID>156924</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Prasaja, Aditya
title Kinerja Organisasi Publik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi tentang Kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, Kota Batu dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi kepada
publishDate 2012
topic 352.6 Personnel management (Human resource management)
url http://repository.ub.ac.id/156924/
contents Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan fungsi pemerintah yang harus dilaksanakan dengan baik salah satunya adalah pelayanan bidang administrasi yang kewenangannya penyelenggaraannya masih menjadi monopoli pemerintah. Seiring dengan perkembangan masyarakat, pemerintah dituntut untuk lebih responsif dan inovatif dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang mana salah satu bentuk responsivitas dan inovasi tersebut adalah melalui program pelayanan administrasi pada malam hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1) Bagaimana kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas dalam pelaksanaan program pelayanan publik pada malam hari, dan 2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat program pelayanan publik pada malam hari di lingkungan Pemerintah Kecamatan Batu Kelurahan Temas. Penelitian dilakukan pada Kantor Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, responden terdiri dari aparatur penyelenggara pelayanan dan masyarakat pengguna layanan. Metode analisis yaitu dengan melakukan: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan standar pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas yang meliputi: a) Produk pelayanan, b) Persyaratan, c) Prosedur, d) Jangka Waktu, e) Biaya, f) Sarana, g) Kompetensi pelaksana, h) Pengawasan internal, i) Penanganan pengaduan, j) Jumlah pelaksana, dan k) Evaluasi kinerja; 2) Efisiensi dan efektivitas pegawai dalam melaksanakan pelayanan yang meliputi: a) Kuantitas output pekerjaan, b) Kualitas output pekerjaan, c) Kepatuhan terhadap prosedur; 3) Efisiensi dan efektivitas anggaran dalam pelaksanaan program; 4) Faktor pendukung pelaksanaan program; dan 5) faktor penghambat pelaksanaan program. Hal utama yang mencadi catatan penulis adalah kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas dalam pelaksanaan program pelayanan administrasi pada malam hari cukup baik akan tetapi masih belum optimal karena masih terdapat beberapa permasalahan yaitu pada konsistensi pada penerapan standar pelayanan, kompetensi pegawai, dan saran pendukung kegiatan pelayanan. Selain itu belum adanya legalitas membuat program tersebut menjadi sangat rentan pada perubahan kondisi pada lingkungan Pemerintah Kota Batu.
id IOS4666.156924
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T05:04:59Z
last_indexed 2021-10-28T07:42:40Z
recordtype dc
_version_ 1751454394105200640
score 17.538404