Kinerja Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Pertanian Kabupaten Jombang dalam Pelaksanaan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang)
Main Author: | Vidyanita,Vivi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/156908/ |
ctrlnum |
156908 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/156908/</relation><title>Kinerja Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Pertanian Kabupaten Jombang dalam Pelaksanaan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang).</title><creator>Vidyanita,Vivi</creator><subject>352.6 Personnel management (Human resource management)</subject><description> 

Penelitian ini dilakukan atas dasar berbagai sumber yang berkembang di masyarakat maupun hasil penelitian yang menunjukkan bahwa selama ini kinerja birokrasi publik di Indonesia masih buruk, serta adanya tuntutan masyarakat agar aparatur pemerintah selalu melakukan perbaikan – perbaikan untuk menciptakan kualitas pelayanan prima. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis kinerja birokrasi dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pelayanan publik Dinas Pertanian Kabupaten Jombang dalam Pelaksanaan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah survey, dengan analisis yang digunakan adalah analisis interaktif menurut Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja birokrasi Dinas Pertanian dalam Pelaksanaan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang masih belum optimal. Belum semua permasalahan dapat diselesaikan dengan baik dan memuaskan pengguna layanan, masih sebagian dari permasalahan yang mampu ditangani dan masih ada sebagian pelayanan yang dapat diselenggarakan secara responsif, memuaskan pengguna layanan dan berorientasi terhadap perubahan. Rekomendasi yang dapat disampaikan dalam upaya peningkatan kinerja birokrasi dalam pelayanan publik agar tercapai tataran optimal adalah perlunya (1) peningkatan komunikasi yang lebih intensif antara Dinas Pertanian dengan pihak-pihak yang terkait dalam penyaluran pupuk bersubsidi untuk berkoordinasi dalam menentukan harga yang realistis bagi pengecer dan petani dengan mempertimbangkan daya beli petani dan keuntungan yang wajar bagi pengecer sehingga dapat tercapai asas keadilan bagi semua pihak, (2) perlu adanya penyuluhan, bimbingan dan sosialisasi yang lebih intensif melalui berbagai media dan merata ke seluruh desa untuk menggunakan pupuk organik atau dengan memberikan pelatihan pembuatan pupuk kompos sehingga diharapkan dapat mengubah pola pikir petani untuk beralih ke pertanian organik, (3) diperlukan kerjasama yang optimal antara pihak-pihak yang terkait utuk mengawasi peredaran pupuk subsidi dan pemberian sanksi yang tegas dan berat bagi siapa saja yang melanggar ketentuan Pemerintah dalam penyaluran pupuk bersubsidi, (4) memperbaiki mekanisme penyaluran subsidi pupuk karena subsidi pupuk masih belum dikategorikan efektif, perbaikan ini terutama dalam kaitannya viii dengan harga dan jumlah pupuk subsidi yang seharusnya diterima petani, (5) memperpendek jalur birokrasi dalam distribusi pupuk bersubsidi untuk menghindari adanya pungutan liar yang diakibatkan dari rente birokrasi yang panjang.
</description><date>2013-07-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Vidyanita,Vivi (2013) Kinerja Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Pertanian Kabupaten Jombang dalam Pelaksanaan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang). Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/352.63/VID/k/041500176</relation><recordID>156908</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Vidyanita,Vivi |
title |
Kinerja Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Pertanian Kabupaten Jombang dalam Pelaksanaan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang) |
publishDate |
2013 |
topic |
352.6 Personnel management (Human resource management) |
url |
http://repository.ub.ac.id/156908/ |
contents |
Penelitian ini dilakukan atas dasar berbagai sumber yang berkembang di masyarakat maupun hasil penelitian yang menunjukkan bahwa selama ini kinerja birokrasi publik di Indonesia masih buruk, serta adanya tuntutan masyarakat agar aparatur pemerintah selalu melakukan perbaikan – perbaikan untuk menciptakan kualitas pelayanan prima. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis kinerja birokrasi dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pelayanan publik Dinas Pertanian Kabupaten Jombang dalam Pelaksanaan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah survey, dengan analisis yang digunakan adalah analisis interaktif menurut Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja birokrasi Dinas Pertanian dalam Pelaksanaan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang masih belum optimal. Belum semua permasalahan dapat diselesaikan dengan baik dan memuaskan pengguna layanan, masih sebagian dari permasalahan yang mampu ditangani dan masih ada sebagian pelayanan yang dapat diselenggarakan secara responsif, memuaskan pengguna layanan dan berorientasi terhadap perubahan. Rekomendasi yang dapat disampaikan dalam upaya peningkatan kinerja birokrasi dalam pelayanan publik agar tercapai tataran optimal adalah perlunya (1) peningkatan komunikasi yang lebih intensif antara Dinas Pertanian dengan pihak-pihak yang terkait dalam penyaluran pupuk bersubsidi untuk berkoordinasi dalam menentukan harga yang realistis bagi pengecer dan petani dengan mempertimbangkan daya beli petani dan keuntungan yang wajar bagi pengecer sehingga dapat tercapai asas keadilan bagi semua pihak, (2) perlu adanya penyuluhan, bimbingan dan sosialisasi yang lebih intensif melalui berbagai media dan merata ke seluruh desa untuk menggunakan pupuk organik atau dengan memberikan pelatihan pembuatan pupuk kompos sehingga diharapkan dapat mengubah pola pikir petani untuk beralih ke pertanian organik, (3) diperlukan kerjasama yang optimal antara pihak-pihak yang terkait utuk mengawasi peredaran pupuk subsidi dan pemberian sanksi yang tegas dan berat bagi siapa saja yang melanggar ketentuan Pemerintah dalam penyaluran pupuk bersubsidi, (4) memperbaiki mekanisme penyaluran subsidi pupuk karena subsidi pupuk masih belum dikategorikan efektif, perbaikan ini terutama dalam kaitannya viii dengan harga dan jumlah pupuk subsidi yang seharusnya diterima petani, (5) memperpendek jalur birokrasi dalam distribusi pupuk bersubsidi untuk menghindari adanya pungutan liar yang diakibatkan dari rente birokrasi yang panjang.
|
id |
IOS4666.156908 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T05:04:59Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:42:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454394172309504 |
score |
17.538404 |