Reformasi Administrasi Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumbawa)

Main Author: Ulhak, Zia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/156907/
Daftar Isi:
  • Reformasi administrasi pada dasarnya merupakan sebuah jawaban, atas segala tuntutan serta keinginan dari masyarakat yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Perubahan dan perbaikan yang dilakukan dalam reformasi administrasi meliputi perubahan dan perbaikan pada aspek kelembagaan yang terdiri atas perubahan pada struktur kewenangan, perubahan dalam sistem, dan prosedur pelayanan. Selanjutnya adalah perubahan pada aspek sumber daya manusia yang meliputi: perubahan kemampuan dalam memahami aturan dalam pelayanan dan perubahan sikap dan perilaku dalam memberikan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis reformasi administrasi pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumbawa. (2) Menganalisis belum maksimalnya pelaksanaan reformasi administrasi pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumbawa. Dalam penelitian ini kajian pustaka yang dipakai secara umum membahas tentang teori-teori dalam Administrasi, Pelayanan Publik serta reformasi administrasi dimana teorinya secara umum membahas tentang reformasi administrasi pada kelembagaan serta sumber daya manusia. Sedangkan dalam analisa social setting penelitian menjelaskan keadaan masyarakat Sumbawa secara umum serta penjelasan penyebab diperlukannya reformasi administrasi pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan model analisis interaksi yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reformasi administrasi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumbawa pada dasarnya telah dilaksanakan, hanya saja belum bisa menghasilkan reformasi administrasi secara maksimal. Upaya reformasi administrasi yang telah dilaksanakan meliputi perubahan-perubahan dan perbaikan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumbawa, yang terdiri atas: 1) perubahan serta perbaikan pada aspek kelembagaan yang mencakup perubahan pada struktur kewenangan dan perubahan dalam sistem dan prosedur pelayanan, 2) perubahan serta perbaikan pada aspek sumber daya manusia yang mencakup perubahan kemampuan dalam memahami aturan dalam pelayanan serta perubahan sikap dan perilaku dalam memberikan pelayanan. Penyebab belum maksimalnya pelaksanaan reformasi administrasi, disebabkan, antara lain: sarana dan prasarana yang masih kurang memadai, sumber daya manusia yang masih terbatas, masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat. Selanjutnya faktor pendukung dari reformasi administrasi, antara lain: kejelasan dalam struktur organisasi, kewenangan, sistem dan prosedur dalam pelayanan, adanya kerjasama, koordinasi, komunikasi, komitmen yang baik di antara para personil, keberadaan SIAK (Sistim Informasi Administrasi Kependudukan). Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti menyarankan sebagai berikut, lebih menyederhanakan lagi sistem prosedur pelayanannya, melengkapi sarana dan prasarana kegiatan pelayanannya, dari segi sumber daya manusia perlu lebih ditingkatkan (kualitas maupun kuantitas), melaksanakan kegiatan evaluasi berkala secara internal maupun eksternal, dan mengembangkan kembali partisipasi masyarakat melalui sosialisasi lebih efektif.