Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dalam Pelaksanaan Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) (Studi pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo)
Main Author: | Oktariyanda, TrendaAktiva |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/156897/ |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan pengurusan IMB perlu dikaji dan diteliti dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, khususnya pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan hal-hal yang berkaitan dengan: (1) Pelaksanaan pengurusan IMB di BPPT Kabupaten Sidoarjo yang ditinjau dari: a) Standar Pelayanan Publik (SPP), b) Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008; dan (2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pada pelaksanaan pengurusan IMB di BPPT Kabupaten Sidoarjo; serta (3) Peningkatan kualitas pelayanan publik dalam pengurusan IMB pada BPPT Kabupaten Sidoarjo, yang dilihat dari: a) Hasil-hasil yang telah dicapai oleh BPPT Kabupaten Sidoarjo dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, b) Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengkaji berbagai fenomena yang ada di lapangan berkaitan dengan pelayanan publik dalam mengurus IMB. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model pengkodean dan kategorisasi (Denscombe, 2007). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pengurusan IMB pada BPPT Kabupaten Sidoarjo, ditinjau dari: SPP dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008, meliputi: Prosedur dan mekanisme pelayanan IMB, persyaratan pelayanan IMB, waktu penyelesaian dan masa berlaku IMB, biaya retribusi IMB, sarana prasarana penunjang pelayanan, dan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 (kebijakan mutu, sasaran mutu dan monitoring evaluasi). Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pengurusan IMB pada BPPT Kabupaten Sidoarjo sudah relevan dengan apa yang terkandung dalam SPP dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008. Dalam pelaksanaan pelayanannya, BPPT Kabupaten Sidoarjo senantiasa berpedoman pada SPP dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 yang telah ditetapkan. Meskipun dalam penerapan dan praktek teknisnya masih dijumpai beberapa masalah atau hambatan, yaitu: keterbatasan kewenangan, adanya calo ilegal dari internal dan eksternal BPPT, keterbatasan SDM dan sarana prasarana, serta kurangnya pemahaman masyarakat dalam mengurus IMB. Peningkatan kualitas pelayanan IMB dapat diamati dari 2 (dua) aspek, yaitu: 1). Hasil-hasil yang telah dicapai oleh BPPT Kabupaten Sidoarjo dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik; dan 2). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasil-hasil yang telah dicapai oleh BPPT Kabupaten Sidoarjo, yaitu: a). Hasil survey IKM tahun 2012 untuk 25 jenis izin pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo yaitu sebesar 82,37 % (kategori Sangat Baik); b). Terjadi kenaikan terhadap jumlah penerbitan izin dalam Tahun 2012 sejumlah yaitu 13.680 izin dibanding Tahun 2011 yaitu 13.594 izin (Naik 0,99 %); dan lain-lain. Seperti yang disebut diatas, IKM juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, seperti Tahun 2011 sebesar 79,06% (Kategori Baik), kemudian Tahun 2012 naik menjadi sebesar 82,37% (Kategori Sangat Baik).